PEMANFAATAN JERAMI DALAM BERKARYA BONEKA SEBAGAI MEDIA EKSPRESI KREATIF BAGI SISWA KELAS VI SD N 2 KAMOLAN BLORA


Nurul Istiqomah , 2401408052 (2015) PEMANFAATAN JERAMI DALAM BERKARYA BONEKA SEBAGAI MEDIA EKSPRESI KREATIF BAGI SISWA KELAS VI SD N 2 KAMOLAN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401408052.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (413kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media jerami yang ada di lingkungan siswa dapat membantu siswa memperoleh hasil karya yang kreatif. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) Pemanfaatan jerami untuk membuat boneka di SD N 2 Kamolan Blora, (2) kreativitas siswa di SD N 2 Kamolan Blora dalam membentuk boneka dengan menggunakan media jerami, (3) cara menanggulangi kendala-kendala yang dihadapi siswa SD N 2 Kamolan Blora dalam proses pembuatan boneka jerami. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi, menjelaskan dan menganalisis permasalahan tersebut. Manfaat penelitian ini dapat dijadikan acuan alternatif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran seni rupa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang meliputi; (1) survei pendahuluan, (2) pengamatan sebelum perlakuan, (3) pengamatan terkendali 1, (4) evaluasi dan rekomendasi, (5) pengamatan terkendali 2, dan (6) evaluasi dan rekomendasi atau hasil.Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD N 2 Kamolan Blora. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, wawancara, foto dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut, Pertama, jerami dapat dimanfaatkan untuk membuat boneka dengan bahan botol bekas, barang bekas, dan bola pingpong dengan teknik konstruksi dan teknik menempel. Kedua, bentuk kreativitas boneka jerami yang telah dibuat siswa diantaranya terdapat pada pemilihan botol, macam potongan jerami, motif bajudan bentuk aksesoris, serta ekspresi wajah boneka. Ketiga, adanya kendala dalam proses pembuatan boneka jerami yaitu instruksi guru kurangjelas, kelemahan teknik, pemanfaatan waktu serta ketelitian yang diatasi dengan penjelasan instruksi yang lebih jelas, perbaikan teknik, pengelolaan waktu yang lebih baik serta peningkatan kesabaran oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: (1) Guru hendaknya memanfaatkan media alternatif yang ada di lingkungan sekitar siswa seperti jerami, (2) Jerami tidak hanya dapat dimanfaatkan dalam berkarya membuat boneka tetapi juga dapat digunakan dalam membuat karya yang lain, (3) Guru perlu memperhatikan potensi yang dimiliki oleh setiap siswa agar bisa dikembangkan menjadi siswa-siswa yang kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Boneka, Pembelajaran Seni Rupa, Membuat Boneka, Boneka Jerami.
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 24 Jan 2018 18:21
Last Modified: 24 Jan 2018 18:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29450

Actions (login required)

View Item View Item