PENERAPAN METODE TUTORIAL SEBAYA UNTUK KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 13 SEMARANG


Vivi Olga Safitri, 2601412075 (2016) PENERAPAN METODE TUTORIAL SEBAYA UNTUK KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601412075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (331kB) | Preview

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam menulis aksara Jawa sehingga nilai siswa di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang efektif, sehingga siswa kurang tertarik dan merasa bosan selama pelajaran. Metode tutorial sebaya dipilih untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Jawa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perbedaan hasil pembelajaran menulis aksara Jawa kelas eksperimen yang menggunakan metode tutorial sebaya dan kelas kontrol yang tidak menggunakan model tutorial sebaya (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa pembelajaran menulis aksara Jawa kelas eksperimen yang menggunakan metode tutorial sebaya dan kelas kontrol yang tidak menggunakan model tutorial. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan bentuk Postest-Only Kontrol Desain. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 4 (kelas kontrol) yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dan kedua kelas tersebut normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran yang menggunakan metode tutorial sebaya untuk menulis huruf Jawa di SMA Negeri 13 Semarang efektif, secara rinci dijelaskan sebagai berikut (1) Ada perbedan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode tutorial sebaya dan siswa kelas kontrol yang mengggunakan metode ceramah. Pada keterampilan menulis aksara Jawa perbedaan rata-rata nilai siswa kelas eksperimen yaitu 82.2 sedangkan nilai siswa kelas kontrol sebesar 67.6. Jadi hasil pembelajaran menulis aksara Jawa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. (2) Perilaku siswa pada kelas eksperimen secara umum sudah baik. Siswa sudah siap menerima pelajaran, dan serius ketika pembelajaran di dalam kelas. Siswa berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan pasangannya. Siswa pada kelas kontrol keaktifan siswa selama pembelajaran, keaktifan dan keseriusan saat berdiskusi dengan kelompok siswa hanya mengandalkan satu temannya untuk mengerjakan latihan. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian adalah guru hendaknya menerapkan metode tutorial sebaya dalam pembelajaran menulis aksara Jawa sehingga siswa akan semakin mudah mengerti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, huruf Jawa, metode, tutorial sebaya
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 24 Jan 2018 17:19
Last Modified: 24 Jan 2018 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29446

Actions (login required)

View Item View Item