PROSES KREATIF MENULIS NASKAH KETOPRAK MAHASISWA


Reni Anggraeni , 2601412071 (2016) PROSES KREATIF MENULIS NASKAH KETOPRAK MAHASISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601412071.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (302kB) | Preview

Abstract

Naskah merupakan bagian penting dalam pementasan ketoprak mahasiswa. Dibutuhkan keterampilan dalam menulis naskah ketoprak. Menulis membutuhkan reverensi untuk menghasilkan naskah ketoprak yang bagus.Penelitian tentang proses kreatif menulis naskah ketoprak mahasiswa ini diharapkan dapat menjadi reverensi dalam menulis naskah ketoprak mahasiswa dan memberi informasi bahwa menulis kreatif (naskah ketoprak) dapat dilakukan secara kolektif/ kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif yang menitikberatkan pada proses kreatif menulis ketoprak mahasiswa. Data diambil dari proses kreatif menulis naskah ketoprak mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang, yaitu lakon Tresna Sinanggit oleh kelompok ketoprak Kumara Sajati, Kalinyamat oleh kelompok Langen Padma, dan Ganda Asmara oleh kelompok ketoprak Nitia Abhinaya. Data diambil dengan metode observasi nonparticipant dan dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang terhimpun dan analisis terhadap proses kreatif penulisan naskah ketoprak mahasiswa terdapat tiga tahap penulisan, yakni pra penulisan, penulisan dan pasca penulisan. Pra penulisan dilakukan dengan mengumpulkan informasi terkait lakon cerita yang akan dipentaskan dengan mempertimbangkan kesadaran sejarah dalam cerita. Tahap penulisan dilakukan dengan menentukan amanat, penokohan, serta alur dalam cerita dan mulai menulis dengan pertimbangan anggota kelompok, sumber informasi cerita, dan masukan dari dosen. Pasca penulisan ditandai dengan naskah ketoprak yang sudah melalui kedua tahap sebelumnya dan telah lolos bimbingan dengan dosen pengampu mata kuliah Drama Jawa Tradisional, sehingga naskah dapat digunakan sebagai media penjaringan pemain (casting).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis Kreatif, Naskah Ketoprak Mahasiswa.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 24 Jan 2018 17:12
Last Modified: 24 Jan 2018 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29445

Actions (login required)

View Item View Item