Fakta Kemanusiaan, Subjek Kolektif dan Pandangan Dunia dalam Roman La Vérité sur l'affaire Harry Quebert Karya Joël Dicker : Tinjauan dari Perspektif Strukturalisme-Genetik Lucien Goldmann


Ade Hafshah , 2311412006 (2016) Fakta Kemanusiaan, Subjek Kolektif dan Pandangan Dunia dalam Roman La Vérité sur l'affaire Harry Quebert Karya Joël Dicker : Tinjauan dari Perspektif Strukturalisme-Genetik Lucien Goldmann. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2311412006.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (529kB) | Preview

Abstract

La Vérité sur l'affaire Harry Quebert merupakan roman misteri karya Joël Dicker yang diterbitkan pada tahun 2012. Roman ini menceritakan tentang seorang penulis muda bernama Marcus Goldmann yang mengalami page blanche dan peristiwa penemuan kerangka gadis kecil setelah menghilang selama tiga puluh tiga tahun di rumah guru penulis tersebut yang membuatnya mampu menulis roman baru. Penelitian atas roman La Vérité sur l'affaire Harry Quebert menggunakan teori Strukturalisme-Genetik dari Lucien Goldmann dan berfokus pada aspek fakta kemanusiaan, subjek kolektif dan pandangan dunia. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) fakta kemanusiaan, 2) subjek kolektif, 3) pandangan dunia penulis roman La Vérité sur l'affaire Harry Quebert. Korpus data penelitian ini adalah roman La Vérité sur l'affaire Harry Quebert karya Joël Dicker. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dengan dua objek penelitian, yaitu objek material dan objek formal. Objek material pada penelitian ini adalah roman LVSLHQ karya Joël Dicker, sedangkan objek formal pada penelitian ini adalah teori Strukturalisme-Genetik Lucien Goldmann. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer pada penelitian ini, yaitu kalimat-kalimat dalam roman LVSLHQ karya Joël Dicker dan teori Strukturalisme-Genetik Lucien Goldmann, sedangkan sumber data sekunder pada penelitian ini adalah jurnal dan buku-buku mengenai roman LVSLHQ dan teori Strukturalisme-Genetik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Simpulan penelitian ini adalah 1) fakta kemanusiaan dalam roman meliputi segala hasil aktivitas atau perilaku para tokoh, 2) subjek kolektif dalam roman adalah para penulis, para pembaca, tim penerbit Barnaski, para sosialita desa Aurora, dan aparat penegak hukum. 3) padangan dunia penulis roman merupakan wujud ide, gagasan-gagasan tokoh Marcus Goldman dan Harry Quebert. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru kepada mahasiswa program studi Sastra Perancis untuk dapat memahami dan menggunakan teori Strukturalisme-Genetik tentang aspek fakta kemanusiaan, subjek kolektif, dan pandangan dunia pada roman yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strukturalisme-Genetik, Sosiologi Sastra, La Vérité sur l'affaire Harry Quebert.
Subjects: P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 23 Jan 2018 18:46
Last Modified: 23 Jan 2018 18:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29433

Actions (login required)

View Item View Item