KECENDERUNGAN NEUROTIK TOKOH GENEVIÈVE DALAM NOVEL L'ÉCOLE DES FEMMES KARYA ANDRÉ GIDE: KAJIAN PSIKOANALISIS KAREN HORNEY


Dyanti Fauziah Rachmawati , 2311411001 (2016) KECENDERUNGAN NEUROTIK TOKOH GENEVIÈVE DALAM NOVEL L'ÉCOLE DES FEMMES KARYA ANDRÉ GIDE: KAJIAN PSIKOANALISIS KAREN HORNEY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2311411001.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (268kB) | Preview

Abstract

Psikologi dan sastra memiliki hubungan fungsional karena sama-sama mempelajari keadaan kejiwaan orang lain. Psikoanalisis adalah wilayah kajian dalam psikologi sastra. Karen Horney adalah satu tokoh psikoanalisis yang mengatakan bahwa kepribadian seseorang dibentuk berdasarkan asumsi bahwa kondisi sosial dan kultural, terutama pengalaman-pengalaman masa kanak-kanak. Novel L’École des Femmes merupakan novel yang disajikan dengan trilogi. Pada novel pertama diceritakan kisah Éveline (ibu), novel kedua kisah Robert (ayah), dan novel ketiga menceritakan kisah Geneviève (anak). Ketiga novel tersebut memiliki kepaduan isi dan konflik yang sangat berkaitan erat dan saling berhubungan. Novel tersebut menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga bourgeois di Perancis yang selalu mengalami perdebatan dan akhirnya berdampak pada perkembangan psikis Geneviève. Fokus penelitian ini adalah proses terjadinya kecenderungan neurotik (menjauhi orang lain) yang terjadi dalam diri tokoh Geneviève. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan 1) proses permusuhan dasar dan kecemasan dasar yang terjadi pada tokoh Geneviève, 2) aspek permusuhan dasar dan kecemasan dasar mempengaruhi munculnya kebutuhan neurotic pada tokoh Geneviève, 3) aspek kebutuhan neurotic mempengaruhi munculnya kecenderungan neurotic pada tokoh Geneviève. Korpus data ini adalah novel L’École des Femmes karya André Gide. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, yaitu teknik yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian dilengkapi dengan analisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Simpulan penelitian ini adalah terjadinya proses permusuhan dasar dan kecemasan dasar pada tokoh Geneviève menimbulkan munculnya kebutuhan neurotik. Geneviève yang memiliki kebutuhan neurotic mempengaruhi munculnya kecenderungan neurotic pada dirinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : L'École Des Femmes, Psikoanalisis sosial, kecenderungan neurotik.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PH Finno-Ugrian, Basque languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 23 Jan 2018 18:18
Last Modified: 23 Jan 2018 18:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29428

Actions (login required)

View Item View Item