EFEKTIVITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS XI MAN KENDAL


Rifda Haniefa , 2303412055 (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS XI MAN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303412055.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (428kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas XI MAN Kendal tergolong masih rendah. dan belum mencapai KKM yang telah ditentukan, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah pendekatan pembelajaran yang kurang sesuai. Pendekatan yang digunakan kurang sesuai dengan keterampilan yang hendak dicapai dan cenderung tidak mengembangkan daya pikir siswa. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan pendekatan dalam pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan metakognitif untuk mendukung siswa dalam keterampilan membaca bahasa Arab dan berpikir kritis. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan efektivitas penggunaan pendekatan metakognitif dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab dan berpikir kritis siswa kelas XI MAN Kendal?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan metakogitif dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab dan berpikir kritis siswa kelas XI MAN Kendal. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes tertulis dan tes lisan sedangkan instrumen nontes yang digunakan berupa angket untuk guru dan angket untuk siswa. Teknik analisis data adalah uji hipotesis 1 (uji ketuntasan belajar siswa), uji hipotesis 2 (uji beda dua rata-rata posttest) dan uji hipotesis 3 (uji gain ternormalisasi, dan uji perbedaan dua rata-rata peningkatan) serta diakumulasikan menggunakan hipotesis kerja (alternatif) dan hipotesis nol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai kelompok eksperimen dari hasil pretest ke posttest lebih besar dari kelompok kontrol. Besar peningkatan nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman dari nilai rata-rata pretest 66,58 dan posttest 86,31 adalah 19,73 dengan kriteria gain sedang. Besar peningkatan nilai rata-rata keterampilan membaca keras dari nilai rata-rata pretest 65,07 dan posttest 85,19 adalah 20,12 dengan kriteria gain sedang. Besar peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dari nilai rata-rata pretest 59,23 dan posttest 89,71 adalah 30,48 dengan kriteria gain tinggi.. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa x pembelajaran dengan menggunakan pendekatan metakognitif efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasaArab dan berpikir kritis siswa bahasa Arab siswa kelas XI MAN Kendal. Hasil penelitian juga diperkuat dengan adanya hasil angket guru dan siswa. Berdasarkan hasil angket guru dapat dilihat bahwa pendekatan metakognitif dianggap sangat membantu, cocok dalam memperlancar proses pembelajaran membaca bahasa Arab dan sangat baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siwa. Selain itu guru juga beranggapan bahwa pendekatan metakognitif mudah untuk diterapkan dan bisa membantu menyelesaikan berbagai kesulitan siswa dalam pembelajaran membaca bahasa Arab. Berdasarkan hasil angket siswa pada aspek tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatakan metakognitif, 53,85% siswa beranggapan bahwa pendekatan metakognitif sangat membatu dalam menguasai keterampilan membaca bahasa Arab dan qowaidnya, 38,46% siswa lainnya beranggapan membantu, dan 7,69 lainnya biasa saja. 53,85% siswa beranggapan bahwa pendekatan metakognitif cocok digunakan dalam keterampilan membaca bahasa Arab, 15,38% siswa lainnya beranggapan sangat cocok, dan 30,77% lainnya biasa saja. 53,85% siswa beranggapan bahwa pendekatan metakognitif baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, 34,61% siswa lainnya beranggapan sangat baik, dan 11,54% lainnya biasa saja. 69,23% siswa beranggapan sangat senang dengan adanya pembelajaran membaca bahasa Arab menggunakan pendekatan metakognitif, 23,08% siswa lainnya beranggapan senang, dan 7,69% biasa saja. 65,38% siswa beranggapan bahwa pendekatan metakognitif mudah diterapkan dalam pembelajaran membaca bahasa Arab, 19,23% lainnya beranggapan biasa saja, dan 15,39% sangat mudah. 42,30% siswa beranggapan bahwa pendekatan metakognitif sangat bisa membantu menyelesaikan kesulitan dalam pembelajaran membaca bahasa Arab, 34,62% lainnya beranggapan bisa, dan 23,08% biasa saja. Berdasarkan hasil angket diatas maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan metakognitif sesuai dengan pembelajaran membaca bahasa Arab dan dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab dan berfikir kritis serta mudah diterapkan dalam pembelajaran membaca bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendekatan Metakognitif, Keterampilan membaca, dan Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 23 Jan 2018 17:33
Last Modified: 23 Jan 2018 17:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29423

Actions (login required)

View Item View Item