PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MEDIA COMIC VOICE DAN GAME DORAJA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF JAWA UNTUK SISWA SMP N 5 REMBANG


Inneke Ditatula Rylani , 2601412048 (2016) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MEDIA COMIC VOICE DAN GAME DORAJA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF JAWA UNTUK SISWA SMP N 5 REMBANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601412048.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (427kB) | Preview

Abstract

Di era modernisasi ini, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat dan telah memberikan inovasi-inovasi terbaru dalam dunia pendidikan. Kemajuan teknologi membuat dunia pendidikan semakin tidak dapat terlepas dari kebutuhan akan media-media pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang berbasis teknologi. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap siswa dalam proses pembelajaran dalam kelas, terutama dalam materi membaca huruf jawa. Pada umumnya dalam pembelajaran membaca huruf jawa hanya sebatas dijelaskan dan diberi contoh saja tanpa adanya media interaktif yang mampu membangkitkan semangat belajar siswa, sehingga membuat siswa masih banyak yang kurang mengerti mengenai materi yang berhubungan dengan huruf jawa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan media pembelajaran comic voice dan game doraja agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan diharapkan kemampuan siswa dalam membaca huruf jawa menjadi lebih baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media comic voice dan kelas yang menggunakan media game doraja dalam pembelajaran membaca huruf jawa? (2) Bagaimana perubahan perilaku siswa pada kelas yang menggunakan media comic voice dan kelas yang menggunakan media game doraja dalam pembelajaran membaca huruf jawa? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media comic voice dan kelas yang menggunakan media game doraja dalam pembelajaran membaca huruf jawa. (2) Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa pada kelas yang menggunakan media comic voice dan kelas yang menggunakan media game doraja dalam pembelajaran membaca huruf jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif dan desain yang digunakan adalah pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Rembang yang berjumlah 288 siswa, setiap kelas terdiri dari 32 siswa dari kelas VIII A sampai dengan VIII I. Teknik sampling dilakukan dengan uji-t kelas yang menggunakan media comic voice dan kelas yang mengunakan media game doraja berdasarkan nilai murni siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa. Sampel penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas VIII B dan 32 siswa kelas VIII D. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas konstruk dan isi, dengan hasil validitas 0,712 dan reliabilitas 0,897. Teknikpengumpulan data penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi dan tes (tes kemampuan membaca). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi data kualitatif dan kuantitatif, uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Rembang menggunakan media comic voice lebih baik daripada penggunaan media game doraja, baik dari hasil pembelajaran maupun proses pembelajaran, secara rinci dijelaskan sebagai berikut. (1) Nilai rata-rata kelas VIII.B adalah 78,41, sedangkan kelas VIII.D adalah 74,78. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,359 ≥ 1,998 dengan banyaknya sampel untuk kelas VIII.B = 32 dan banyaknya sampel untuk kelas VIII.D = 32, maka dapat disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar membaca huruf jawa antara kelas VIII.B dan kelas VIII.D, (2) Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran sebagai pendukung lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa, (3) Perilaku siswa pada kelas VIII.B lebih aktif, sedangkan kelas VIII.D cenderung cepat bosan. Pada saat pembelajaran siswa kelas VIII.B merasa lebih tertarik dengan media pembelajaran comic voice, karena cerita yang digunakan tergolong mudah dan tampilannya juga sederhana, sedangkan siswa kelas VIII.D berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan media game doraja sedikit membingungkan, sehingga membuat siswa menjadi bosan, karena siswa harus hati-hati dalam menjalankan permainan dan harus mengulangnya dari tahap pertama kembali ketika life point dalam game telah habis. Dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat direkomendasikan adalah: dalam meningkatkan hasil belajar membaca huruf jawa sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran dengan didukung penggunaan media pembelajaran, seperti comic voice dan game doraja, mengingat hal tersebut telah terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Comic Voice, Game Doraja, dan Pembelajaran Membaca Huruf Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 23 Jan 2018 16:56
Last Modified: 23 Jan 2018 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29422

Actions (login required)

View Item View Item