PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF 3D AURORA PRESENTATION UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS


Siti Mulyasih , 2303412038 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF 3D AURORA PRESENTATION UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303412035.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (574kB) | Preview

Abstract

Banyak siswa kurang antusias dan mengalami kesulitan pada keterampilan menyimak bahasa Arab dikarenakan masih banyak guru yang mengabaikan pembelajaran keterampilan menyimak dan belum memanfaatkan media dalam pembelajaran keterampilan menyimak. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan 3D Aurora Presentation untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa serta meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa bahasa Arab terhadap media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan 3D Aurora Presentation untuk keterampilan menyimak bahasa Arab kelas VII MTs? 2) bagaimana prototipe media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif 3D Aurora Presentation 3) bagaimana validasi ahli dan guru terhadap produk media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif 3D Aurora Presentation untuk keterampilan menyimak bahasa Arab kelas VII MTs? 4) bagaimana hasil uji coba media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif menggunakan 3D Aurora Presentation untuk keterampilan menyimak bahasa Arab di kelas VII MTs? Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap tujuh, yaitu revisi setelah uji coba produk awal Hasil penelitian ini adalah guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan 3D Aurora Presentation untuk keterampilan menyimak bahasa Arab kelas VII MTs yang terdiri dari tiga tema yaitu العنوان (alamat), بيتي (rumahku), من يوميات الأسرة (keseharian keluarga). Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 18,778 dan hasil penilaian siswa melalui observasi menujukkan t hitung 33,781. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha dan Ho ditolak. sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Multimedia Interaktif, 3D Aurora Presentation, Keterampilan Menyimak
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 23 Jan 2018 14:25
Last Modified: 23 Jan 2018 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29420

Actions (login required)

View Item View Item