PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VIII MTs DI KABUPATEN GROBOGAN


Muhammad Khoirul Anam , 2303412024 (2016) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VIII MTs DI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303412024.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (757kB) | Preview

Abstract

Rendahnya penguasaan kosakata bahasa Arab serta tata cara penyajian teks bacaan yang kurang variatif menyebabkan siswa merasa kesulitan dalam pembelajaran membaca bahasa Arab. Di sisi lain penguatan karakter siswa merupakan amanat dari kurikulum pendidikan di Indonesia. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah bahan ajar dalam bentuk buku ensiklopedia bahasa Arab dengan menyisipkan nilai-nilai karakter untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa dalam keterampilan membaca pemahaman bahasa Arab. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui analisis kebutuhan guru dan siswa, (2) mengetahui prototipe, (3) mengetahui validasi ahli dan guru, dan (4) mengetahui hasil uji coba terhadap ensiklopedia sebagai penunjang pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Arab bagi siswa kelas VIII MTs di kabupaten Grobogan dengan kelas uji coba adalah kelas VIII MTs Negeri Penawangan. Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes berupa soal tes untuk siswa berdasarkan materi yang sudah diajarkan. Alat data non tes yang digunakan berupa wawancara, angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validasi ahli terhadap ensiklopedia bahasa Arab, dokumentasi foto, dan observasi oleh siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki sebuah bahan ajar yang memuat lima komponen utama yaitu KI dan KD, Kosakata, Bacaan, Tata Bahasa, dan Evaluasi. Ensiklopedia bahasa Arab ini terdiri empat tema, yaitu profesi, atlet, profesi kedokteran, dan menjenguk orang sakit. Penilaian ahli materi dan ahli deain grafis menunjukkan hasil sangat layak/sangat sesuai dalam aspek kelayakan materi/ isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, maupun kelayakan grafika. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 55.955 dan hasil penilaian siswa melalui observasi menujukkan t hitung 24,5. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Adapun t tabel 1,708 jatuh pada penerimaan Ho, sehingga efektifitas produk baru lebih tinggi dari produk lama. Bukti lainnya adalah hasil observasi respon siswa terhadap penggunaan produk baru yang menunjukkan hasil 48% siswa mendapat diskonversi sangat baik dan 52% siswa mendapat diskonversi baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ensiklopedia Bahasa Arab, Keterampilan Membaca.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 23 Jan 2018 14:14
Last Modified: 23 Jan 2018 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29417

Actions (login required)

View Item View Item