EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS X MAN 2 SEMARANG
Maya Ma’rifah , 2303412011 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS X MAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (296kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan salah satu unsur dan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Menulis bahasa Arab pada siswa kelas X MAN 2 Semarang tergolong masih rendah. Hal penting yang sering diabaikan dalam pembelajaran yaitu adanya nilai-nilai karakter yang dapat memperbaiki karakter siswa. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan dengan menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yaitu think talk write. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran think talk write dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab berbasis karakter pada siswa kelas X MAN 2 Semarang? dan 2) Apakah model pembelajaran think talk write efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab berbasis karakter pada siswa kelas X MAN 2 Semarang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan dan efektif atau tidak model pembelajaran think talk write dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab berbasis karakter pada siswa kelas X MAN 2 Semarang. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design (pretest-posttest yang tidak ekuivalen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes dan non tes berupa observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan data penelitian yang dihimpun, 56,25% siswa menyatakan sangat senang dengan model pembelajaran think talk write bahkan 46,87% menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran ini memudahkan mereka dalam belajar menulis bahasa Arab. Peningkatan yang signifikan terjadi pada hasil pretest-posttest kelompok eksperimen yang diberi treatment. Hal itu bila dengan dibandingkan kelompok kontrol yang tidak diberi treatment. Perolehan nilai ratarata pada kelompok eksperimen dari pretest ke posttest meningkat hingga 20,41 , yaitu dari 59,15 meningkat 79,56. Adapun nilai rata-rata pada siswa kelompok kontrol dari pretest ke posttest meningkat 10,37 saja, yaitu dari 60,84 meningkat menjadi 71,06 dan diperoleh
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Model Pembelajaran think talk write, Keterampilan Menulis, Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 14:02 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 14:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29414 |
Actions (login required)
View Item |