MUBTADA’ D DALAM BUK JUZ 3 untu Nam NIM Prog Juru FA Mubtada’ (topic) dan Khabar (comment) pada Teks Bacaan Shalat dalam buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya Drs Muhammad Rifa’i dan juz 30 sebagai bacaan surat pilihan (Analisis Sintaksis).


Ngafifah Zahirotun, 2303412001 (2016) MUBTADA’ D DALAM BUK JUZ 3 untu Nam NIM Prog Juru FA Mubtada’ (topic) dan Khabar (comment) pada Teks Bacaan Shalat dalam buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya Drs Muhammad Rifa’i dan juz 30 sebagai bacaan surat pilihan (Analisis Sintaksis). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303412001.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (398kB) | Preview

Abstract

Pembahasan mengenai mubtada’ (topic) dan khabar (comment) dapat dijumpai salah satunya dalam bacaan-bacaan shalat. Karena di dalam bacaanbacaan shalat, terdapat juga bacaan Al-Qur’an dan karena shalat merupakan aktivitas keseharian umat Islam, maka pembahasan tentang mubtada’ (topic) dan khabar (comment) akan lebih mudah diingat dan dipahami. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui elemen aktif mubtada’ (topic) dan khabar (comment) yang terdapat dalam bacaan shalat?, (2) untuk mengetahui jenis mubtada’ (topic) dan khabar (comment) yang terdapat dalam bacaan shalat?, (3) untuk mengetahui penanda gramatikal mubtada’ (topic) dan khabar (comment) yang terdapat dalam bacaan shalat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research. Data berupa mubtada’ (topic) dan khabar (comment) yang ada pada teks bacaan shalat dan juz 30. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik bagi unsur langsung. Dalam penelitian ini peneliti menemukan 143 mubtada’ (topic) dan 143 khabar (comment) dalam teks bacaan shalat dan juz 30. Dari 143 mubtada’ (topic) tersebut, 143 merupakan mubtada’ (topic) sharih dan tidak ada satupun mubtada’ (topic) muawwal. Berdasarkan ketentuan penggunaan mubtada’ (topic) nya terdiri atas mahdzuf atau dibuang, tidak ada yang wajib dan 7 boleh, muqaddam atau diawalkan, 96 wajib dan 10 boleh, dan muakhkhar atau diakhirkan, 24 wajib dan 6 boleh. Dan dari 143 khabar (comment), 58 merupakan khabar (comment) mufrad dan 85 khabar (comment) ghairu mufrad. Berdasarkan ketentuan penggunaan khabar (comment) nya terdiri atas mahdzuf atau dibuang, tidak ada yang wajib dan 1 boleh, muqaddam atau diawalkan, 24 wajib dan 6 boleh, dan muakhkhar atau diakhirkan, 96 wajib dan 16 boleh. Penanda gramatikal mubtada’ (topic) nya terdiri atas 59 mubtada’ (topic) dengan dhammah, tidak ada satupun dengan alif, 1 dengan waw, tidak ada satupun dengan nun, dan 76 dengan machal rafa’. Sedangkan penanda gramatikal khabar (comment) nya terdiri atas 53 khabar (comment) dengan dhammah, tidak ada satupun dengan alif, 4 dengan waw, tidak ada satupun dengan nun, dan 85 dengan ( machal rafa’).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sintaksis, Mubtada’ (topic) dan Khabar (comment), Bacaan Shalat dan juz 30.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 23 Jan 2018 13:54
Last Modified: 23 Jan 2018 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29413

Actions (login required)

View Item View Item