PENGGUNAAN METODE LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA NUDIA GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Alfiyan Akhmad Fakhrudi , 2303411043 (2016) PENGGUNAAN METODE LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA NUDIA GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303411043.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (318kB) | Preview

Abstract

Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau katakata untuk mengekspresikan, menyatakan, atau menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Kemampuan berbicara dalam kegiatan pembelajaran berbicara bahasa Arab harus dikuasai dengan baik oleh siswa. Akan tetapi dalam kenyataannya, siswa masih banyak menemukan kesulitan dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab. Penyebab kesulitannya itu adalah masih sulitnya siswa dalam menyampaikan suatu ujaran yang akan dikemukakan saat mempraktikkan materi percakapan, dan kurangnya rasa keberanian siswa dalam mempraktikkan percakapan. Oleh karena itu perlu adanya alternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode langsung. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan metode langsung efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI MA Nudia Semarang tahun ajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode langsung terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI MA Nudia Semarang tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data adalah uji validitas dan reliabilitas, nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dan uji homogenitas. Dari hasil perhitungan, rata-rata post-test kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus t-test, diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Langsung, Keterampilan berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 23 Jan 2018 13:40
Last Modified: 23 Jan 2018 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29410

Actions (login required)

View Item View Item