GAYA BAHASA SARKASME ROMAN SER! RANDHA COCAK KARYA SUPARTO BRATA


Safitri Widiastuti , 2601412038 (2016) GAYA BAHASA SARKASME ROMAN SER! RANDHA COCAK KARYA SUPARTO BRATA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601412038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (347kB) | Preview

Abstract

Karya Soeparto Brata identik dengan cerita detektif. Adanya kemunculan ciri khas baru yang berbeda dari karya Soeparto Brata sebelumnya yang berupa cerita roman percintaan berlatar tempa di provinsi Jawa Timur. Hal tersebut dapat mempengaruhi bahasa yang digunakan oleh penulis roman untuk menambah nilai estetis dalam karyanya yang berjudul Ser! Randha Cocak. Soeparto Brata menggunakan bahasa sarkasme dalam dialog antartokoh sebagai penggambaran masyarakat Jawa Timur serta adanya pemilihan judul Ser! Randha Cocak yang diduga mengandung unsur sarkasme. Permasalahan yang hendak diteliti ialah (1) bagaimana wujud penggunaan gaya bahasa sarkasme dan (2) bagaimanakah fungsi penggunaan gaya bahasa sarkasme dalam cerita roman Ser! Randha Cocak. Berkaitan dengan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi wujud gaya bahasa sarkasme dan (2) mengidentifikasi fungsi penggunaan gaya bahasa sarkasme yang digunakan dalam cerita roman Ser! Randha Cocak. Penelitian ini menggunakan pendekatan stilistika Data dalam penelitian ini berupa tuturan tokoh dalam dialog antartokoh yang mengandung gaya bahasa sarkasme dalam cerita roman Ser! Randha Cocak, selain itu sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kumpulan roman yang berjudul Ser! Randha Cocak yang terdiri dari cerita Ser! Ser! Plong, Mbok Randha Saka Jogja, dan Cocak Nguntal Elo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca hermeneutik dan teknik catat dalam kartu data. Metode analisis data menggunakan metode analisis stilistika. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan penggunaan ragam gaya bahasa sarkasme yang memiliki fungsi berbeda. Adapun wujud gaya bahasa sarkasme yang ditemukan dalam cerita roman berupa (1) sarkasme sifat, (2) sarkasme tindakan, (3) sarkasme hasil tindakan, (4) sarkasme himbauan dan (5) sarkasme sebutan. Pada setiap wujud penggunaan gaya bahasa sarkasme memiliki fungsi yang beragam, adapun fungsi tersebut berupa bentuk (1) penolakan, (2) penyampaian larangan, (3) penyampaian informasi, (4) penyampaian penegasan, (5) penyampaian pendapat, (6) penyampaian perintah, (7) penyampaian pertanyaan, (8) pernyataan persamaan, (9) pernyataan perbandingan, dan (10) sapaan. Penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah penelitian tentang kajian stilistika, khususnya Gaya Bahasa Sarkasme pada cerita Roman Ser! Randha Cocak. Diharapkan dilakukan penelitian pada cerita roman Ser! Randha Cocak dengan kajian lain, seperti gaya bahasa secara umum, kajian struktural dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Bahasa Sarkasme, Roman Ser! Randha Cocak, Wujud, Fungsi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 23 Jan 2018 14:03
Last Modified: 23 Jan 2018 14:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29405

Actions (login required)

View Item View Item