ARABIC PUZZLE BOOK PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAGI SISWA KELAS IV MI DI KOTA SEMARANG


Ibadi Rohman , 2303411030 (2015) ARABIC PUZZLE BOOK PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAGI SISWA KELAS IV MI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303411030.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (612kB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat belajar dan kesulitan membaca bahasa Arab dialami oleh banyak siswa pada tingkat MI. Secara umum kesulitan ini terjadi karena adanya beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal, salah satunya yaitu minimnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dan variatif. Untuk itu, peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran berupa buku puzzle pembelajaran bahasa Arab Arabic Puzzle Book untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa serta meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Permasalahanyang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap Arabic Puzzle Book, 2) Bagaimana prototipe Arabic Puzzle Book untuk keterampilan membaca bagi siswa kelas IV di Kota Semarang, 3) Bagaimana validasi ahli dan guru terhadap Arabic Puzzle Book, dan (4) Bagaimana hasil uji coba terhadap Arabic Puzzle Book. Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap uji coba produk awal, yaitu mengetahui efektivitas produk setelah rancangan produk dinilai oleh ahli dan diperbaiki. Hasil penelitian ini adalah: 1) guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran berbentuk buku puzzle yang memuat puzzle, pengantar materi, perkenalan kosakata, dan evaluasi, 2) prototipe media pembelajaranArabic Puzzle Book disajikan secara interaktif dan menarik dengan memuat puzzle, pembahasan, evaluasi, dan profil, 3) penilaian para ahli, dosen pembimbing, dan para ahli terhadap Arabic Puzzle Bookmemperoleh rata-rata nilai dengan kategori sangat baik pada setiap aspek, 4) berdasarkan hasil uji coba diperoleh t hitung 17.562 jatuh pada penerimaan Ha atau penolakan Ho, sedangkan t Tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat keabsahan dk = (N-2) yaitu 37 menunjukkan nilai 1,697.sedangkan efektivitas berdasarkan hasilobservasi siswa adalah22,679. Nilai t hitung tersebut lebih besar daripada t Tabel(1,697) sehingga media Arabic Puzzle Book dapat diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Arabic Puzzle Book, Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 23 Jan 2018 13:29
Last Modified: 23 Jan 2018 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29404

Actions (login required)

View Item View Item