ANALISIS KUALITAS DAN NILAI KARAKTER BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER KELAS VII MTs NU UNGARAN


Dita Suci Anggraeni , 2303411014 (2016) ANALISIS KUALITAS DAN NILAI KARAKTER BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER KELAS VII MTs NU UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303411014.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (776kB) | Preview

Abstract

Salah satu komponen utama dalam kurikulum yaitu penilaian atau evaluasi. Tes merupakan instrumen dari evaluasi. Untuk mencerminkan baik tidaknya tes sebagai alat evaluasi yang digunakan dapat dilakukan dengan menganalisis dari hasil ujian terlebih dahulu dari siswa selanjutnya untuk dilakukan analisis kualitas butir soal. Analisis kualitas butir soal dapat dilakukan dengan mencari validitas dan reliabilitas butir soal, karena keduanya merupakan ciri-ciri tes yang baik. Kualitas butir soal dapat dilihat pula pada analisis nilai karakter yang terintegrasi dalam setiap butir soal. Dikarenakan penilaian karakter termasuk dalam aspek penilaian kurukulum 2013 yang saat ini digunakan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal Ulangan Akhir Semester bahasa Arab di MTs NU Ungaran ditinjau dari segi validitas dan reliabilitas serta nilai karakter yang terdapat pada butir soal Ulangan Akhir Semester bahasa Arab di MTs NU Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif kuantitatif dan menggunakan teknik dokumentasi arsip berupa tes butir soal Ulangan Akhir Sekolah kelas VII mata pelajaran bahasa Arab MTs NU Ungaran Tahun ajaran 2014-2015, hasil keseluruhan jawaban siswa dan daftar nama siswa pada kelas VIIA. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yakni variabel kontinum karena data validitas dan reliabilitas dapat diketahui dengan pasti. Variabel interval yaitu hasil dari analisis validitas dan reliabilitas butir soal Ulangan Akhir Semester bahasa Arab kelas VII di MTs NU Ungaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal Ulangan Akhir Semester bahasa Arab kelas VII MTs NU Ungaran tahun 2014 memiliki validitas dengan kategori baik. Karena terdapat 47% indeks validitasnya yang memenuhi standar. Reliabilitas masuk dalam kategori kuat. Dengan perolehan angka 0,638 untuk butir soal essay dan 0,712 untuk butir soal pilihan ganda, dan terdapat 9 nilai karakter yang terintegrasi dalam 50 butir soal yaitu Bersahabat/ komunikatif terdapat pada 23 butir soal, Religius terdapat pada 1 butir soal, Cinta damai terdapat pada 5 butir soal, Toleransi terdapat pada 6 butir soal, Rasa ingin tahu terdapat pada 36 butir soal, Menghargai prestasi terdapat pada 1 butir soal, Gemar membaca terdapat pada 19 butir soal, Kerja keras terdapat pada 2 butir soal dan Mandiri terdapat pada 2 butir soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kualitas butir soal, nilai karakter butir soal
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 23 Jan 2018 13:12
Last Modified: 23 Jan 2018 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29403

Actions (login required)

View Item View Item