EFEKTIVITAS TEKNIK TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG KELAS EKSTRAKURIKULER SMK GONDANG PEKALONGAN


Ade Ika Agustin , 2302911005 (2015) EFEKTIVITAS TEKNIK TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG KELAS EKSTRAKURIKULER SMK GONDANG PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302911005.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (427kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Jepang, pola kalimat merupakan aspek penting dalam kemampuan berbahasa. Dengan memperhatikan pola kalimat, siswa dapat memahami maksud suatu kalimat. Bedasarkan observasi yang dilakukan, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam penggunaan pola kalimat bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan susunan pola kalimat bahasa Jepang yang berbeda dengan bahasa Indonesia, jika dalam bahasa indonesia menggunakan S,P,O,K dalam bahasa Jepang menggunakan S,O,P. Penggunaan teknik pembelajaran yang kurang inovatif juga menjadi sebab pemahaman bahasa Jepang siswa menjadi berkurang. Upaya untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut, penulis menggunakan teknik talking stick dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang, supaya dapat menyusun kalimat dan berkomunikasi dalam bahasa Jepang dengan benar. Teknik talking stick melatih siswa untuk belajar mandiri dan berani dalam berkomunikasi. Selain itu, siswa juga lebih termotivasi dalam belajar dan berlatih karena suasana pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu eksperimental atau eksperimen murni, dengan desain penelitian The Group Pretest – Post-test Design, yaitu satu kelas eksperimen menggunakan hasil pre-test dan post test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas ekstrakurikuler bahasa Jepang SMK Gondang Tahun Ajaran 2015/2016. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode tes dan metode observasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus Re-Test. Berdasarkan hasil analisis data tes diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test adalah 58,09, sedangkannilai rata-rata hasil post-test adalah 77,14. Analisis tes berdasarkan tabel ����� dengan taraf kepercayaan 5% untuk N-1 (21-1) adalah 2.086, dan diperoleh ������ = 6.66. Diketahui bahwa ������ lebih besar daripada �� ��� . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode talking stick efektif dalam meningkatkan penguasaan pola kalimat bahasa Jepang siswa kelas ekstrakurikuler bahasa Jepang SMK Gondang Pekalongan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : efektivitas, metode talking stick, pola kalimat.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 23 Jan 2018 13:07
Last Modified: 23 Jan 2018 13:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29402

Actions (login required)

View Item View Item