ANALISIS KESULITAN MELENGKAPI KALIMAT RUMPANG BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IBU SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA
An’nisa Dwi Fajar , 2302412047 (2016) ANALISIS KESULITAN MELENGKAPI KALIMAT RUMPANG BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IBU SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (504kB) | Preview |
Abstract
Hasil analisis butir soal ulangan harian 1 siswa kelas XI IBU 2 SMA Islam Sudirman Ambarawa, diketahui ada 4 soal dengan kategori sulit, 9 soal dengan kategori sedang, 19 soal dengan kategori mudah. 4 soal dengan kategori soal sulit tersebut, kesemuanya merupakan soal berbentuk melengkapi kalimat rumpang. Hal ini menandakan bahwa siswa masih kesulitan dalam melengkapi kalimat rumpang bahasa Jepang. Berdasarkan paparan tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apa saja kesulitan siswa ketika melengkapi kalimat rumpang bahasa Jepang, (2) Apa saja faktor penyebab dari kesulitan tersebut (3) Apa saja cara untuk mengatasai kesulitan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui apa saja kesulitan yang siswa ketika melengkapi kalimat rumpang bahasa Jepang, (2) Mengetahui apa saja faktor penyebab dari kesulitan tersebut (3) Apa saja cara untuk mengatasai kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabelnya adalah kesulitan melengkapi kalimat rumpang bahasa Jepang siswa kelas XI IBU SMA Islam Sudirman Ambarawa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks/wacana rumpang dan kesulitan menentukan kosakata dan perubahan bentuk kata kerja/kata sifat yang sesuai. Faktornya adalah (1) siswa kurang bisa memahami isi teks/wacana karena ada bagian yang rumpang sehingga menyebabkan berkurangnya pemahaman terhadap isi teks/wacana, (2) s iswa tidak memastikan terlebih dahulu bagian yang kosong dalam teks/wacana rumpang merupakan partikel, kata kerja,kata sifat, kata benda atau kata penghubung, (3) siswa tidak memastikan terlebih dahulu fungsi dari bagian yang kosong dalam teks/wacana rumpang merupakan subjek, predikat atau objek dari kalimat, (4) siswa tidak memastikan terlebih dahulu bentuk dari bagian yang kosong dalam teks/wacana rumpang merupakan bentuk sekarang atau bentuk lampau, (5) siswa tidak memastikan terlebih dahulu bentuk dari bagian yang kosong dalam teks/wacana rumpang merupakan bentuk positif atau negatif. Cara mengatasi kesulitan tersebut adalah diharapkan siswa untuk bisa mengaplikasikan tata cara melengkapi kalimat rumpang, guru harus lebih sering memberikan latihan soal ataupun PR berbentuk melengkapi kalimat rumpang bahasa Jepang, siswa diharapkan mampu memperbanyak pengguasaan kosakata bahasa Jepang, memperbanyak berlatih pola kalimat bahasa Jepang, serta memperbanyak membaca bacaan yang tertulis dalam hiragana dan katakana untuk meningkatkan kemampuan dalam menjawab soal melengkapi kalimat rumpang bahasa Jepang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis Kesulitan, Kalimat Rumpang, Bahasa Jepang |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 12:45 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 12:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29400 |
Actions (login required)
View Item |