PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS DIALOG BERBASIS AURORA 3D PADA SISWA SMP KELAS VII


Nofi Setiowati Ningsih , 2601412033 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS DIALOG BERBASIS AURORA 3D PADA SISWA SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601412033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (232kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Jawa, pembelajaran menulis dialog masih belum maksimal, karena sebagian besar siswa kesulitan dalam menulis dialog berbahasa Jawa, kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran, dan penguasaan kosakata rendah. Selain itu, guru belum menggunakan media pembelajaran yang memotivasi siswa. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran menulis dialog berbasis Aurora 3D untuk menarik dan mempermudah siswa dalam pembelajaran. Rumusan masalah yang disusun dalam penelitian ini adalah, bagaimanakan kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran menulis dialog berbasis Aurora 3D pada siswa SMP kelas VII dan bagaimanakah prototipe media pembelajaran menulis dialog berbasis Aurora 3D pada siswa SMP kelas VII. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran menulis dialog berbasis Aurora 3D dan mendeskripsikan prototipe media pembelajaran menulis dialog berbasis Aurora 3D. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Adapun langkah-langkah penelitiannya adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba terbatas. Data dan sumber data yaitu guru, siswa dan ahi. Pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan lembar penilaian ahli. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran menulis dialog berbasis Aurora 3D yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Media ini berbentuk audio visual yang berisi materi, contoh dan latihan. Berdasarkan hasil validasi ahli dalam bidang media dan materi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menulis dialog berbasis Aurora 3D ini layak digunakan sebagai media pembelajaran menulis dialog. Hasil uji coba yang dilakukan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari 9 siswa yang belum memenuhi SKM menjadi 31 siswa yang memenuhi SKM setelah menggunakan media. Skor rata-rata pada pre-test 67 dan pada post-tets 84.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa media pembelajaran menulis dialog berbasis Aurora 3D efektif digunakan dalam pembelajaran menulis dialog. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran dari penulis yaitu, (1) Bagi guru, media pembelajaran menulis dialog berbasis Aurora 3D bisa menjadi alternatif media pembelajaran menulis dialog, (2) Bagi siswa, media pembelajaran menulis dialog berbasis Aurora 3D menjadi salah satu media pembelajaran yang menarik dan mempermudah siswa dalam pembeajaran menulis dialog, dan (3) bagi peneliti, dapat melakukan penelitian lanjutan terhadap media pembelajaran berbasis Aurora 3D ini, agar media Aurora 3D bisa dikembangkan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Menulis dialog, Aurora 3D.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 23 Jan 2018 12:22
Last Modified: 23 Jan 2018 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29397

Actions (login required)

View Item View Item