KEEFEKTIFAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI KEJAMBON 1 KOTA TEGAL


Sekar Prawesti Winahyusiwi , 1401412536 (2016) KEEFEKTIFAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI KEJAMBON 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412536.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (364kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PKn masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru dan membosankan. Keadaan seperti itu terjadi pada pembelajaran PKn di SD Negeri Kejambon 1 Kota Tegal, yang berakibat pada rendahnya minat dan hasil belajar yang dicapai siswa. Pembelajaran PKn bertujuan untuk mengaitkan fakta dan konsep yang ada pada materi pembelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan teknik pembelajaran quick on the draw dalam pembelajaran PKn, di antaranya pada materi globalisasi pada siswa kelas IV SD Negeri Kejambon 1 Kota Tegal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan teknik pembelajaran quick on the draw dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi globalisasi di kelas IV SD Negeri Kejambon 1 Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain penelitian yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Kejambon 1 dan 8 Kota Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 68 orang siswa yang terdiri dari 36 orang siswa dari kelas eksperimen dan 32 orang siswa dari kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan uji pihak kanan polled varian untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel ttest, data minat belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,660 > 1,997) dan signifikansinya 0,001 < 0,05. Sementara itu, data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,086 > 1,997) dan signifikansi 0,043 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan minat dan hasil belajar PKn antara siswa kelas IV yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik pembelajaran quick on the draw dibandingkan dengan yang menerapkan metode konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis keefektifan minat belajar menggunakan one sample t test melalui program SPSS versi 20 yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,091 > 1,997) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Sementara itu, hasil uji hipotesis keefektifan hasil belajar menggunakan one sample t test melalui program SPSS versi 20 yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,086 > 1,997) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,004 < 0,05). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan teknik pembelajaran quick on the draw efektif terhadap minat dan hasil belajar PKn siswa dibandingkan dengan yang menerapkan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Minat Belajar, Teknik Quick On The Draw
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:48
Last Modified: 15 May 2019 13:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29385

Actions (login required)

View Item View Item