KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD NEGERI RANDUGUNTING 7 KOTA TEGAL


Yuli Maharani Bahari , 1401412530 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD NEGERI RANDUGUNTING 7 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412530.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (301kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memuat materi berupa konsep yang bersifat abstrak, sehingga sulit dipahami oleh siswa. Pada umumnya guru hanya menerapkan model konvensional dan jarang menggunakan media pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pembelajaran matematika. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran matematika, salah satunya yaitu dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) dengan berbantuan media tangram. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model TPS berbantuan media tangram pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar kelas V. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 28 siswa kelas V SDN Randugunting 7 dan 29 siswa kelas V SDN Randugunting 2 Kota Tegal. Seluruh populasi dijadikan sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan rumus independent sample t test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung data aktivitas belajar sebesar 7,086 dan thitung nilai hasil belajar sebesar 2,029. Dari hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (7,086 > 2,004 dan 2,029 > 2,004). Apabila mengacu pada kriteria keputusan pengujian hipotesis, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara aktivitas dan hasil belajar yang menggunakan model TPS berbantuan media tangram dengan yang menggunakan model konvensional pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar siswa kelas V. Untuk hipotesis kedua (uji keefektifan) menggunakan rumus one sample t test. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung data aktivitas belajar sebesar 10,562 dan thitung nilai hasil belajar sebesar 3,033. Dari hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (10,562 > 2,051 dan 3,033 > 2,051). Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Randugunting 7 pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar dengan model TPS berbantuan media tangram lebih tinggi daripada model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, hasil belajar, tangram, Think Pair Share
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:47
Last Modified: 15 May 2019 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29382

Actions (login required)

View Item View Item