KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBASIS TEORI BRUNER PADA SISWA KELAS V MATERI BANGUN DATAR SDN 1 SAWANGAN KABUPATEN BANYUMAS


Susilowati , 1401412527 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBASIS TEORI BRUNER PADA SISWA KELAS V MATERI BANGUN DATAR SDN 1 SAWANGAN KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412527.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (324kB) | Preview

Abstract

Divisions (STAD), Teori Bruner. Mata pelajaran Matematika di sekolah dasar memiliki peranan penting bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar belum menerapkan model pembelajaran kooperatif, sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) berbasis teori Bruner dapat menjadi alternatif yang dapat diterapkan pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Inti model pembelajaran STAD berbasis teori Bruner pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk kelompok heterogen yang terdiri dari 4-5 siswa. Pembelajaran ini menekankan pada keaktifan siswa dalam kelompok untuk menguasai materi pelajaran sehingga mencapai prestasi yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD berbasis teori Bruner pada siswa kelas V materi bangun datar. Populasi dalam penelitian ini yaitu 30 siswa kelas VA dan 29 siswa kelas VB SDN 1 Sawangan Kabupaten Banyumas. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t test dan uji pihak kanan one sample t test. Hasil penghitungan uji t pada aktivitas belajar siswa menunjukkan nilai t hitung= 6.464, dan pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai thitung= 2.542. Nilai t hitung tersebut lebih besar dari nilai ttabel, 6.464>1.672 dan 2.542 >1.672, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji keefektifan melalui uji pihak kanan pada aktivitas belajar siswa menunjukkan nilai thitung= 8.779, dan pada hasil belajar thitung= 3.594. Nilai thitung tersebut lebih besar dari nilai ttabel, 8.779>1.701 dan 3.594>1,701, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan pada penelitian ini yaitu model pembelajaran STAD berbasis teori Bruner pada siswa kelas V materi bangun datar SDN 1 Sawangan Kabupaten Banyumas efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar. Untuk menindaklanjuti penelitian ini guru, pihak sekolah, dan peneliti lain disarankan untuk mengembangkan model pembelajaran STAD berbasis teori Bruner.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Hasil Belajar, Student Team Achievement
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:47
Last Modified: 15 May 2019 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29378

Actions (login required)

View Item View Item