ANALISIS KELAYAKAN BUKU AJAR SAKURA 3 YANG DIGUNAKAN DI SMA N 15 SEMARANG


Leya Lestari , 2302412008 (2016) ANALISIS KELAYAKAN BUKU AJAR SAKURA 3 YANG DIGUNAKAN DI SMA N 15 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302412008.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (349kB) | Preview

Abstract

Penggunaan buku ajar sebagai sumber pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar merupakan hal yang penting untuk keberhasilan peserta didik. Salah satu buku ajar bahasa Jepang adalah buku Sakura. Buku Sakura terdiri dari Sakura 1, Sakura 2 dan Sakura 3. Buku yang diteliti dalam penelitian ini adalah Buku Ajar yang digunakan di SMA N 15 Semarang. Buku Ajar yang digunakan di SMA N 15 Semarang adalah Buku Sakura 3 yang telah mengalami perubahan yang disusun oleh guru mata pelajaran bahasa Jepang kelas XII di SMA N 15 Semarang. Untuk mendeskripsikan kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa buku Ajar Sakura 3 yang telah disusun ulang oleh guru mata pelajaran bahasa Jepang yang digunakan di SMA N 15 Semarang diperlukan suatu penelitian. Dari penelitian ini, harapannya guru mata pelajaran bahasa Jepang atau pembaca dapat mengetahui apakah buku ajar Sakura 3 yang digunakan di SMA N 15 Semarang yang telah disusun ulang oleh guru mata pelajaran bahasa Jepang sudah memenuhi kriteria Penilaian Buku Buku Teks Pelajaran Bahasa Jepang Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah dilihat dari segi kelayakan isi, penyajian, dan bahasa. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini yaitu kualitatif evaluatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah isi Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, tentang kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa Buku Ajar Sakura 3 yang digunakan di SMA N 15 Semarang yang telah disusun ulang oleh guru mata pelajaran bahasa Jepang kelas XII di SMA N 15 Semarang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, Buku Ajar Sakura 3 yang digunakan di SMA N 15 Semarang yang telah disusun ulang oleh guru mata pelajaran bahasa Jepang kelas XII di SMA N 15 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, peneliti melakukan dokumentasi Buku untuk mendeskripsikan kelayakan isi, penyajian, dan bahasa dari Buku Ajar Sakura 3 yang digunakan di SMA N 15 Semarang yang telah disusun ulang oleh guru mata pelajaran bahasa Jepang kelas XII di SMA N 15 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Buku Ajar Sakura 3 yang digunakan di SMA N 15 Semarang yang telah disusun ulang oleh guru mata pelajaran bahasa Jepang kelas XII di SMA N 15 Semarang terdapat beberapa butir kriteria pada aspek kelayakan isi, penyajian dan bahasa yang masih perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kelayakan, buku ajar, pedoman penilaian BSNP
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Jan 2018 13:58
Last Modified: 22 Jan 2018 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29375

Actions (login required)

View Item View Item