KESULITAN GURU DAN MAHASISWA PPL BAHASA JEPANG UNNES DALAM PENYUSUNAN RPP BERDASARKAN KTSP


Novitasari Sri Anggun , 2302411060 (2016) KESULITAN GURU DAN MAHASISWA PPL BAHASA JEPANG UNNES DALAM PENYUSUNAN RPP BERDASARKAN KTSP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302411060.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (448kB) | Preview

Abstract

Kesulitan guru dan mahasiswa PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) dalam penelitian ini adalah kesulitan ketika menyusun RPP berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan, yaitu dengan cara mengumpulkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran bahasa Jepang dari guru dan mahasiswa PPL bahasa Jepang di beberapa sekolah terdapat ketidaksesuaian aturan dalam menyusun RPP berdasarkan KTSP. RPP mata pelajaran Bahasa Jepang tersebut, ditemukan berbagai macam kekurangan penulisan pada RPP sesuai KTSP yang mengindikasikan adanya kesulitan guru dan mahasiswa PPL bahasa Jepang dalam menyusun RPP berdasarkan KTSP. Berdasarkan paparan tersebut, untuk dapat mengetahui kesulitan, faktor penyebab dan solusi yang dilakukan guru dan mahasiswa PPL bahasa Jepang ketika mengalami kesulitan dalam menyusun RPP KTSP secara rinci perlu untuk dilakukan suatu penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif karena penelitian menggunakan angket yang datanya dapat dihitung dan hasilnya dapat diuraikan atau dideskripsikan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 11 guru bahasa Jepang dan 25 mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes yang sedang melakukan Praktik Pengalaman Lapangan pada bulan agustus-oktober 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan angket, untuk mendapatkan data mengenai kesulitan penyusunan RPP berdasarkan KTSP yang dilakukan oleh guru dan mahasiswa PPL. Hasil dari data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan pendekatan deskriptif prosentase. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab guru dan mahasiswa PPL Bahasa Jepang Unnes mengalami kesulitan menyusun RPP berdasarkan KTSP karena guru dan mahasiswa PPL tidak memahami konsep KTSP dan menganggap bahwa RPP hanyalah formalitas saja sehingga guru dan mahasiswa PPL, terbiasa mengopy-paste (menyalin) RPP sebelumnya atau milik teman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kesulitan guru dan mahasiswa PPL, menyusun RPP, KTSP.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Jan 2018 13:48
Last Modified: 22 Jan 2018 13:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29372

Actions (login required)

View Item View Item