PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA YANG DIAJAR GURU NATIVE SPEAKER DAN NON – NATIVE SPEAKER


Indriati , 2302411059 (2016) PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA YANG DIAJAR GURU NATIVE SPEAKER DAN NON – NATIVE SPEAKER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302411059.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (451kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Jepang di SMA N 10 Semarang diadakan untuk kelas X dan XI IPA maupun IPS. Guru yang mengajar bahasa Jepang berjumlah tiga orang, dua diantaranya adalah guru non-native speaker dan satu orang lagi merupakan guru native speaker. Berdasarkan hasil observasi di kelas guru native speaker dan non-native speaker, menunjukkan bahwa terdapat beberapa perbedaan situasi pembelajaran. Kehadiran guru native speaker membawa daya tarik tersendiri bagi siswa sehingga siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Selain itu, siswa lebih memperhatikan setiap instruksi guru. Di sisi lain, kelas guru non-native speaker, siswa aktif bertanya tetapi tidak jarang banyak siswa yang lamban melaksanakan instruksi guru dan fokus perhatian siswa tidak sepenuhnya untuk mendengarkan penjelasan guru. Perbedaan guru tersebut memungkinkan perbedaan tingkat motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat motivasi dan hasil belajar bahasa Jepang siswa yang diajar guru native speaker dan non-native speaker, serta faktor yang menyebabkan perbedaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sehingga diperoleh dua kelas, yaitu kelas X-1 sebagai kelas native speaker dan X-4 sebagai kelas non-native speaker. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket, dan observasi. Angket yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu skala dan dikotomi. Teknik analisis data menggunakan Uji Mann Whitney dan Uji Z, serta analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan tingkat motivasi dan hasil belajar bahasa Jepang siswa yang diajar guru native speaker dan non-native speaker. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai perbandingan sebesar 2,739 untuk motivasi belajar dan 1,987 untuk hasil belajar, yang berarti perbandingannya cukup signifikan. Faktor yang menyebabkan perbedaan tingkat motivasi belajar siswa adalah adanya penghargaan sedangkan faktor yang menyebabkan perbedaan hasil belajar siswa adalah minat dan motivasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: guru native speaker, guru non-native speaker, hasil belajar, motivasi belajar, perbandingan.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Jan 2018 13:19
Last Modified: 22 Jan 2018 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29371

Actions (login required)

View Item View Item