PENGARUH PENGALAMAN PPL (PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN) TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2011


Puji Ida Irmawati , 2302411051 (2016) PENGARUH PENGALAMAN PPL (PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN) TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302411051.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (390kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PP L) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang dilaksanakan oleh mahasiswa program kependidikan Unnes. Pelaksanaan PPL diharapkan mampu memupuk minat dan kesiapan mahasiswa sebagai calon guru. Namun dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa mengalami beberapa kendala. Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan kepada tujuh mahasiswa, empat mahasiswa mengungkapkan bahwa minat menjadi guru meningkat, dua mahasiswa menjawab minat menjadi guru justru berkurang, dan satu mahasiswa yang semula tidak memiliki minat menjadi guru mengakatan minat menjadi guru muncul setelah mengikuti PPL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh PPL terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2011, seberapa besar pengaruhnya, dan faktor apa saja yang mempengaruhi. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik ko ntribusi. Dalam penelitian ini subyek yang menjadi populasi dan sampel adalah semua mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2011 yang mengikuti PP L pada tahun 2014 yaitu sebanyak 50 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, dan pengujian hipotesisnya menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kegiatan PPL terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendid ikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2011 yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi yang bernilai positif yaitu 0,782. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kegiatan PP L memiliki kontribusi minat menjadi guru pada Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2011 sebesar 61%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, Minat, Guru.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Jan 2018 13:14
Last Modified: 22 Jan 2018 13:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29370

Actions (login required)

View Item View Item