PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN JEPARA


Anung Wicaksono, 2450408040 (2015) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2450408040.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (281kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Jepara memiliki potensi yang cukup bagus di bidang pariwisata meliputi wisata bahari, sejarah, seni pertunjukan dan kerajinan. Banyaknya potensi tersebut Kabupaten Jepara seharusnya menjadi kota yang unggul dari aspek pariwisata, namun kelemahannya ada pada promosi dan pemasaran yang kurang maksimal, serta media yang terbatas. Dengan harapan dapat menyebarkan informasi dan lebih mengenalkan pariwisata Kabupaten Jepara ke masyarakat yang lebih luas, perancangan media promosi ini bertujuan untuk menjembatani informasi yang ditujukan kepada masyarakat umum. Tujuan dari proyek studi ini adalah Menghasilkan karya desain media promosi pariwisata dalam bentuk poster, booklet wisata, buku agenda dan merchandise sebagai media promosi pariwisata Kabupaten Jepara dengan harapan mampu mendorong upaya mempromosikan pariwisata Kabupaten Jepara. Secara garis besar proses pembuatan proyek studi ini melalui beberapa tahap yang meliputi: (1) tahap persiapan (penelitian, penentuan sasaran khalayak, dan strategi media); (2) pengambilan data gambar; (3) mendesain media promosi. Media yang digunakan dalam perancangan promosi pariwisata ini adalah media tercetak, yang meliputi poster, booklet, leaflet, kalender meja, kalender dinding, buku agenda serta merchandise. Pengembangan konsep dan pemanfaatan kemajuan teknologi, dengan menggunakan program Adobe Photoshop CS6 dan Adobe Lightroom. Karya media promosi yang dihasilkan merupakan desain dengan penambahan foto-foto tempat wisata sebagai gambaran dari pariwisata Kabupaten Jepara mulai dari Pantai Bandengan, Pulau Karimunjawa, Pantai Kartini, Air Terjun Songgolangit, Benteng Portugis, Klenteng Welahan, Masjid Mantingan, Museum Kartini, Sentra Kerajinan Patung dan Ukir Mulyoharjo, Sentra Kerajinan Tenun Troso, Sentra Kerajinan Monel, Adon-adon Coro, Horog-horog, Pindang Serani dan Es Gempol dan Pleret. Media promosi yang dihasilkan meliputi poster, booklet, leaflet, serta merchandise. Dari beberapa proses pembuatan desain media promosi pariwisata Kabupaten Jepara dalam bentuk media tercetak yang berupa poster, booklet, leaflet, serta merchandise, dapat diambil kesimpulan bahwa, pada karya proyek studi ini penciptaan dan upaya penyajian beberapa alternatif produk desain promosi pariwisata Kabupaten Jepara sudah tercapai, dan berfungsi sebagai alternatif panduan wisata bagi pihak terkait serta dapat dijadikan sebagai referensi pariwisata di Kabupaten Jepara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perancangan, media promosi pariwisata, Kabupaten Jepara
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 13:10
Last Modified: 22 Jan 2018 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29368

Actions (login required)

View Item View Item