NILAI KARAKTER TEKS CERITA RAKYAT LOKAL MATERI PEMBELAJARAN KELAS IV DI MIM TEGIRI KABUPATEN WONOGIRI


Royyananisa Laila Ichwanda , 2601412012 (2016) NILAI KARAKTER TEKS CERITA RAKYAT LOKAL MATERI PEMBELAJARAN KELAS IV DI MIM TEGIRI KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601412012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (292kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi saait ini memberi perubahan dalam kehidupan masayarakat. Generasi muda sebagai penerus bangsa tidak mau mengetahui apalagi mempelajari cerita rakyat, bahkan hampir tidak ada lagi yang mempopulerkan keberadaannya. Cerita rakyat dapat dijadikan perantara efektif untuk pendidikan baik akhlak, moral maupun ilmu-ilmu pengetahuan lain karena mengandung nilai karakter. Cerita rakyat merupakan warisan kebudayaan yang diwariskan secara turun-temurun. Ceritanya mengandung tradisi kebudayaan suatu daerah. Penyebarannya dilakukan secara lisan dan bersifat kolektif. Cerita rakyat biasanya berisi kisah perjalanan serta kehidupan seseorang dalam masyarakat. Kisah-kisah tokoh tersebut memuat nilai-nilai karakter . contohnya dalam teks cerita rakyat lokal Kabupaten Wonogiri. Permasalahan yang diteliti pada penelitian ini adalah (1) bagaimana unsur intrinsik cerita rakyat lokal Kabupaten Wonogiri dan (2) nilai karakter apasajakah yang terdapat dalam teks cerita rakyat lokal Kabupaten Wonogiri. Berdasarkan rumusan masalah tadi penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur intrinsik dalam teks cerita rakyat lokal Kabupaten Wonogiri, dan (2) mendeskripsikan nilai karakter yang terdapat dalam teks cerita rakyat lokal Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini pendekatan objektif untuk mengungkapkan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam teks cerita rakyat lokal Kabupaten Wonogiri. Cerita rakyat yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) Pangeran Sambernyawa dan (2) Pertapan Kahyangan Dlepih. Hasil penelitian ini adalah unsur intrinsik cerita rakyat dan nilai karakter yang terkandung di dalam teks cerita rakyat. Unsur intrinsik dalam teks cerita rakyat lokal Kabupaten Wonogiri keseluruhan dapat dibagi menjadi empat, yaitu (1) latar yang sering muncul dari teks cerita rakyat adalah latar tempat, karena berhubungan dengan asal-usul penamaan tempat. (2) alur yang digunakan adalah alur maju pada semua teks cerita rakyat lokal Wonogiri. (3) tokoh dan penokohan yang telibat secara keseluruhan adalah manusia yang memiliki kesaktian. (4)Tema tentang perjuangan dan perjalanan tokoh utama yang mendasari asal-usul nama tempat serta kerja keras. Nilai karakter yang terdapat dalam teks cerita rakyat lokal di Kabupaten Wonogiri yaitu: (1) religius, (2) jujur, (3) mandiri, (4) kerja keras, (5) kreatif, (6) rasa ingin tahu, (7) semangat kebangsaan, (8) cinta damai, (9) peduli lingkungan, (10) peduli sosial, (11) tanggung jawab, (12) hormat dan santun, (13) pantang menyerah, dan (14) keadilan. Adapun nilai karakter yang terdapat dalam kehidupan orang Jawa yaitu : (1) nrimah, (2) aja ngaya, (3) kerja sama, dan (4) tepa salira.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Unsur Intrinsik, Cerita Rakyat
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 22 Jan 2018 13:23
Last Modified: 22 Jan 2018 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29360

Actions (login required)

View Item View Item