HUBUNGAN KEBIASAAN BERBICARA RAGAM KRAMA DI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KETERAMPILAN BERDIALOG SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG


Armis Narpa Afiani , 2601411051 (2015) HUBUNGAN KEBIASAAN BERBICARA RAGAM KRAMA DI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KETERAMPILAN BERDIALOG SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601411051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (816kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berdialog merupakan salah satu materi yang terdapat pada pembelajaran bahasa Jawa tingkat SMP. Proses pembelajaran berdialog juga diterapkan SMP Negeri 2 Pringapus pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas VII. Terdapat masalah yang dialami oleh siswa SMP Negeri 2 Pringapus, salah satunya pada pembelajaran berdialog bahasa Jawa. Nilai pelajaran berbicara bahasa Jawa dirasakan kurang maksimal. Salah satu faktornya yaitu siswa tidak menguasai materi, siswa kurang menguasai kosakata bahasa Jawa dan susah ketika pelafalan, khususnya pada kosakata yang menggunakan bahasa Jawa krama. Selain itu karena siswa tidak terbiasa mengguakan bahasa Jawa krama dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan paparan tersebut, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara kebiasaan berbicara bahasa Jawa ragam krama di lingkungan keluarga terhadap keterampilan berdialog bahasa Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pringapus dan berapa keeratannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan berbicara ragam krama di lingkungan keluarga terhadap keterampilan berdialog siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pringapus dan untuk mengetahui keeratannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi, terdapat dua variabel yaitu kebiasaan berbicara ragam krama di lingkungan keluarga (X) dan keterampilan berdialog (Y). Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan pearson correlation dan menggunakan bantuan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara kebiasaan berbicara ragam krama di lingkungan keluarga terhadap keterampilan berdialog siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pringapus. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh dari perhitungan dengan menggunakan pearson correlation, sebesar 0,615. Hal tersebut menunjukkan jika kebiasaan berbicara ragam krama di lingkungan keluarga baik maka keterampilan berdialog juga semakin meningkat. Saran dari penelitian ini yaitu bagi guru bahasa Jawa dan orang tua supaya mengajarkan bahasa Jawa ragam krama di lingkungan terdekat terhadap anak, karena kebiasaan berbicara bahasa Jawa ragam krama dapat berpengaruh terhadap keterampilan berdialog siswa pada mata belajaran bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Korelasi, kebiasaan berbicara di lingkungan keluarga dan keterampilan berdialog.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Jan 2018 12:41
Last Modified: 22 Jan 2018 12:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29354

Actions (login required)

View Item View Item