PEMANFAATAN MEDIA FILM BERTEMA BECIK KETITIK ALA KETARA DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK SANDIWARA KELAS IX SMP NEGERI 2 BATANG


Gadis Ayu Kartika Sari , 2601411050 (2015) PEMANFAATAN MEDIA FILM BERTEMA BECIK KETITIK ALA KETARA DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK SANDIWARA KELAS IX SMP NEGERI 2 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601411050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (464kB) | Preview

Abstract

Kegiatan menyimak merupakan kegiatan utama sebuah pembelajaran berbahasa. Menyimak sandiwara merupakan salah satu kompetensi dasar pembelajaran bahasa Jawa. Pembelajaran menyimak mata pelajaran bahasa Jawa di SMP Negeri 2 Batang selama ini cenderung konvensional dan media yang digunakan hanya LKS. Hal ini dianggap kurang efektif dari segi waktu dan metode pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut dibutuhkan alternatif media film bertema becik ketitik ala ketara sebagai penunjang pembelajaran menyimak sandiwara. Berdasarkan latar belakang di atas, fokus penelitian adalah : (1) mengetahui perbedaan hasil pembelajaran menyimak sandiwara kelas eksperimen yang menggunakan media film bertema becik ketitik ala ketara dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media film bertema becik ketitik ala ketara kelas IX SMP N 2 Batang ? (2) mengetahui adanya perubahan perilaku siswa kelas eksperimen yang menggunakan media film bertema becik ketitik ala ketara dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media film bertema becik ketitik ala ketara. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design dalam bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Batang. Variabel terikat penelitian ini yaitu hasil dan perilaku siswa dalam pembelajaran menyimak sandiwara, sedangkan variabel bebas penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran menyimak sandiwara dengan media film bertema becik ketitik ala ketara pada kelas eksperimen. Bentuk instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes tertulis, pedoman wawancara, dan observasi. Pengambilan data penelitian menggunakan teknik tes, wawancara, dan observasi. Data hasil belajar dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS statistik 20, sedangkan data perilaku siswa dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal, yaitu (1) nilai rata-rata keterampilan menyimak sandiwara pada kelas eksperimen 86,62, sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 69,59. Hasil uji beda t hitung = 13,999 dan sig.(2- tailed) sebesar 0,000. Oleh karena tingkat signifikansi uji beda kurang 0,05%, maka dapat disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar keterampilan menyimak sandiwara berbahasa Jawa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Perilaku siswa kelas eksperimen baik, serius, antusias, dan fokus mengikuti pembelajaran. Adapun perilaku siswa kelas kontrol kurang dalam aspek kesiapan, keseiusan, antusias, respon, dan keaktifan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Film, Menyimak Sandiwara.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Jan 2018 12:36
Last Modified: 22 Jan 2018 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29352

Actions (login required)

View Item View Item