Penggunaan Kata Gaul pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Unnes


Nurul Wijiasih , 2601411047 (2016) Penggunaan Kata Gaul pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601411047.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (324kB) | Preview

Abstract

Dalam kesehariannya mahasiswa Program Pendidikan Bahasa dan sastra Jawa dituntut untuk menggunakan bahasa Jawa secara baik dan benar, terutama dalam masa perkuliahan, mereka wajib menggunakan bahasa Jawa ragam krama. Namun faktanya, masih banyak mahasiswa yang menggunakan bahasa lain selain bahasa Jawa, seperti misalnya bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, bahasa yang tidak resmi juga mereka gunakan, salah satu contohnya adalah kata-kata dari bahasa gaul. Berdasarkan paparan tersebut, masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana penggunaan kata gaul yang digunakan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Unnes? (2) bagaimana karakteristik kata gaul yang digunakan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Unnes? Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsi penggunaan kata gaul yang digunakan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Unnes, (2) mendeskripsi karakteristik kata gaul yang digunakan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Unnes. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari percakapan dalam pergaulan sehari-hari mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sadap dan teknik cakap. Teknik analisis data dilakukan melalui dua prosedur yaitu analisis selama proses pengumpulan data dan analisis setelah proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini disajikan dengan metode formal dan informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan karakteristiknya bentuknya kata gaul ada dua jenis, yaitu kata tunggal dan kata kompleks. Kata kompleks berupa kata tuturan, kata ulang, singkatan dan akronim. Kata-kata gaul didapat melalui beberapa proses penciptaan makna baru pada kata lama, penciptaan kata baru dengan makna baru, mengambil dari bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, afiksasi, reduplikasi, singkatan dan akronim. Kata gaul digunakan sebagai sarana untuk mengakrabkan antar pemakainya, mengajak, merahasiakan, mengungkapkan rasa acuh tak acuh, mengungkapkan rasa takut, mengungkapkan rasa kesal, mengungkapkan rasa ingin tahu, menasihati, dan mengejek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kata gaul, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Jan 2018 12:32
Last Modified: 22 Jan 2018 12:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29350

Actions (login required)

View Item View Item