KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI PADA KARANGAN SISWA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Semarang)


Aida Nurjanah , 2601411039 (2016) KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI PADA KARANGAN SISWA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601411039.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (255kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu kompetensi yang harus diajarkan dalam pembelajaran bahasa Jawa di SMP Negeri 4 Semarang. Siswa SMP Negeri 4 Semarang, dalam menulis karangan berbahasa Jawa ditemukan kesalahan berbahasa dalam tataran fonologi. Kesalahan fonologi yang ditemukan pada karangan siswa adalah kesalahan penulisan bunyi vokal dan konsonan. Salah satunya penulisan fonem bahasa Jawa yang seharusnya dituliskan /a/ namun dituliskan /o/. Hal ini dikarenakan alofon yang terdapat pada pelafalan bunyi [a]. Berdasarkan paparan tersebut, permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah kesalahan berbahasa Jawa tataran fonologi pada karangan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Semarang. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi kesalahan berbahasa Jawa tataran fonologi pada karangan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah karangan bahasa Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 4 Semarang. Tenik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah teknik simak baca dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan teknik pilah dan teknik penggolongan. Hasil penelitian ini disajikan dengan metode informal. Bentuk kesalahan penulisan bunyi vokal dan konsonan fonologi bahasa Jawa pada karangan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Semarang terdapat 10 jenis bentuk kesalahan. Kesalalahan tersebut meliputi (1) kesalahan penulisan fonem /a/ menjadi /o/ ditemukan sebanyak 34,8%, (2) kesalahan penulisan fonem /a/ menjadi /e/ sebanyak 1,6%, (3) kesalahan penulisan fonem /i/ menjadi /e/ 33,6%, (4) kesalahan penulisan fonem /u/ menjadi /o/ sebanyak 8,1%, (5) kesalahan penulisan fonem /o/ menjadi /u/sebanyak 0,4%, dan (6) kesalahan penulisan fonem konsonan /dh/ menjadi /d/ sebanyak 12,7%, (7) kesalahan penulisan fonem /d/ menjadi /dh/ sebanyak 2,7%, (8) kesalahan penulisan fonem /th/ menjadi t/ sebanyak 1,5%, (9) kesalahan penulisan fonem /k/ di akhir kata sebanyak 2,7%, dan (10) kesalahan penulisan bunyi pranasal sebanyak 1,9%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan penulisan fonem /a/ menjadi fonem /o/ yaitu sebanyak 34,8%. Oleh karena itu, diharapkan para guru memberikan penjelasan tentang fonem-fonem fonologi kepada siswa agar kesalahan fonologi pada produktivitas verbal siswa berupa tulisan maupun tuturan semakin terminimalisir. Agar nantinya tujuan pembelajaran bahasa Jawa tercapai dengan baik, siswa dapat mempraktekkanya dalam kehidupan sehari-hari. ix Peneliti bidang bahasa lainnya, disarankan untuk melakukan penelitian mengenai faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kesalahan berbahasa siswa dan cara atau metode untuk mengurangi kesalahan berbahasa pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: fonologi, karangan siswa, kesalahan berbahasa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Jan 2018 12:23
Last Modified: 22 Jan 2018 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29346

Actions (login required)

View Item View Item