PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LIRIK TEMBANG DOLANAN ANAK-ANAK SEBAGAI BAHAN AJAR DI SEKOLAH DASAR


Hildayatul Muttakin , 2601411026 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LIRIK TEMBANG DOLANAN ANAK-ANAK SEBAGAI BAHAN AJAR DI SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601411026.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (505kB) | Preview

Abstract

Tembang dolanan merupakan salah satu karya sastra yang berbentuk lisan. Tembang dolanan memiliki keistimewaan, yaitu berupa syair dengan kata-kata yang indah. Syair tembang dolanan tersebut sarat akan makna simbol dan memuat pesan moral. Pesan moral atau pitutur luhur dalam tembang dolanan tersebut dapat diberikan kepada anak-anak sejak kecil, oleh orang tua di rumah, guru di sekolah, atau masyarakat di lingkungan sebagai nasihat yang baik. Berdasarkan uraian di atas, ada dua rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu bagaimana struktur dan makna tembang dolanan anak-anak Jawa dan pendidikan karakter yang terkandung di dalam tembang dolanan anak-anak Jawa yang sesuai dengan karakter anak jenjang Sekolah Dasar kelas rendah. Berkaitan dengan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana struktur dan makna tembang dolanan, dan pendidikan karakter apa saja yang termuat dalam tembang dolanan yang sesuai untuk anak jenjang SD kelas rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi analisis kualitatif dengan menggunakan teori sturukturalisme Pradopo. Data penelitian ini adalah tembang dolanan yang memuat pendidikan karakter yang sesuai untuk anak-anak jenjang SD kelas rendah. Adapun sumber data penelitian ini ialah 15 tembang dolanan anak-anak Jawa dalam buku Puspa Sumekar. Teknik pengumpulan data dengan teknik pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan kemudian dideskripsikan. Hasil analisis terhadap 15 tembang dolanan anak-anak, mengungkapkan bahwa terdapat struktur fisik dan struktur batin dalam tembangdolanan tersebut. Struktur fisik meliputi diksi, imaji, gaya bahasa, dan rima, adapun struktur batin meliputi tema dan suasana. Tembang dolanan tersebut juga memuat 12 pendidikan karakter yang sesuai untuk anak-anak jenjang SD kelas rendah. Karakter yang termuat yaitu, 1) religius; 2) toleransi; 3) disiplin; 4) harga diri; 5) tanggung jawab; 6) potensi diri; 7) cinta dan kasih sayang; 8) kebersamaan dan gotong royong; 9) kesetiakwanan; 10) saling menghormati; 11) tata krama dan sopan santun; 12) jujur. Saran yang dapat direkomendasikan yaitu tembang dolanan yang memuat pendidikan karakter dapat dijadikan bahan ajar atau materi ajar sebagai sarana pembentukan karakter siswa jenjang Sekolah Dasar kelas rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tembang dolanan anak-anak, pendidikan karakter, sekolah dasar.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Jan 2018 12:11
Last Modified: 22 Jan 2018 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29342

Actions (login required)

View Item View Item