PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SATO KEWAN BERHURUF JAWA DENGAN METODE JIGSAW UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKODONO KABUPATEN SRAGEN
Ety Yuliyanti , 2601411020 (2016) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SATO KEWAN BERHURUF JAWA DENGAN METODE JIGSAW UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKODONO KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (569kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: komik Sato Kewan, jigsaw, pembelajaran membaca huruf Jawa Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono mempunyai minat rendah dalam mengikuti pembelajaran membaca huruf Jawa. Hal tersebut disebabkan penggunaan media yang belum efektif dan siswa kesulitan untuk memahami bacaan berhuruf Jawa karena media yang digunakan guru kurang menarik minat baca siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan media pembelajaran komik Sato Kewan berhuruf Jawa dengan metode jigsaw dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan minat belajar dan motivasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono dalam mengikuti pelajaran membaca pemahaman huruf Jawa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah perbedaan hasil belajar kompetensi membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa pada kelas eksperimen yang menggunakan media komik Sato Kewan dan metode jigsaw dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran komik Sato Kewan berhuruf Jawa dan metode jigsaw, (2) bagaimanakah perbedaan perilaku siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa pada kelas eksperimen yang menggunakan media komik sato kewan dan metode jigsaw dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran komik Sato Kewan berhuruf Jawa dan metode jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental designs dalam bentuk Intact-Group Comparison. Pengambilan data penelitian menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Data hasil belajar dianalisis menggunakan program aplikasi IBM SPSS Statistics 16, sedangkan data perilaku siswa dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dua hal, yaitu (1) hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, (2) perilaku siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol sama-sama baik, namun pada kelas kontrol masih kurang dalam aspek keseriusan, antusias, respon, keaktifan, dan keberanian. Saran yang direkomendasikan yaitu guru dapat menggunakan media komik Sato Kewan dan metode jigsaw dalam pembelajaran membaca pemahaman huruf Jawa di SMP Negeri 1 Sukodono, sehingga meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar membaca huruf Jawa. Selain itu, siswa hendaknya dibiasakan membaca huruf Jawa, sehingga siswa mudah untuk mengingat macam-macam huruf Jawa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: komik Sato Kewan, jigsaw, pembelajaran membaca huruf Jawa |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 12:07 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 12:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29341 |
Actions (login required)
View Item |