KESALAHAN BERBAHASA DALAM MENULIS SINOPSIS CERKAK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAMOTAN DI KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016 (TATARAN MORFOLOGI DAN LEKSIKAL)


Heni Mustikarini , 2601412009 (2016) KESALAHAN BERBAHASA DALAM MENULIS SINOPSIS CERKAK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAMOTAN DI KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016 (TATARAN MORFOLOGI DAN LEKSIKAL). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601412009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (294kB) | Preview

Abstract

Siswa SMA Negeri 1 Pamotan khususnya kelas X sebagian besar kurang menguasai kosakata dan kurang memahami kaidah bahasa Jawa dengan benar, baik dalam komunikasi lisan maupun tulisan. Hal ini dikarenakan perkembangan media informasi, pembelajaran bahasa daerah yang semakin tergeser, lingkungan yang semakin tidak kondusif dalam mempertahankan penggunaan bahasa Jawa, dan sejak usia dini anak tidak dibiasakan menggunakan bahasa Jawa dalam keluarganya. Kurangnya pemahaman siswa dalam penggunaan kaidah bahasa Jawa salah satunya terlihat dari kemampuan siswa menulis sinopsis cerkak. Hal ini dapat diketahui dari hasil sinopsis cerkak siswa banyak ditemukan kesalahan berbahasa khususnya pada tataran morfologi dan leksikal. Penelitian ini memfokuskan pada wujud kesalahan berbahasa pada tataran morfologi dan leksikal dalam menulis sinopsis cerkak siswa kelas X SMA Negeri 1 Pamotan di Kabupaten Rembang tahun ajaran 2015/2016. Permasalahan yang diteliti pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana wujud kesalahan berbahasa pada tataran morfologi dalam menulis sinopsis cerkak siswa kelas X SMA Negeri 1 Pamotan di Kabupaten Rembang tahun ajaran 2015/2016 dan (2) Bagaimana wujud kesalahan berbahasa pada tataran leksikal dalam menulis sinopsis cerkak siswa kelas X SMA Negeri 1 Pamotan di Kabupaten Rembang tahun ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsi wujud kesalahan berbahasa pada tataran morfologi dalam menulis sinopsis cerkak siswa kelas X SMA Negeri 1 Pamotan di Kabupaten Rembang tahun ajaran 2015/2016 dan (2) Mendeskripsi wujud kesalahan berbahasa pada tataran leksikal dalam menulis sinopsis cerkak siswa kelas X SMA Negeri 1 Pamotan di Kabupaten Rembang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan analisis kesalahan berbahasa dan pendekatan metodologis yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kalimat-kalimat dalam sinopsis cerkak siswa kelas X SMA Negeri 1 Pamotan yang diduga mengandung kesalahan berbahasa pada tataran morfologi dan leksikal. Sumber data dalam penelitian ini adalah sinopsis cerkak siswa kelas X SMA Negeri 1 Pamotan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Data yang diperolehdianalisis menggunakan teknik analisis kesalahan berbahasa dan disajikan dengan metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa yang terdapat dalam sinopsis cerkak siswa meliputi kesalahan tataran morfologi dan leksikal. Kesalahan berbahasa tataran morfologi terdiri atas kesalahan afiksasi, kesalahan reduplikasi, dan gabungan kata atau kata majemuk. Kesalahan afiksasi meliputi penghilangan fonem, penambahan fonem, penulisan afiks yang tidak tepat, penulisan klitika yang dipisah dari kata dasar, penulisan kata depan yang tidak tepat, dan kurang penulisan sufiks. Kesalahan reduplikasi meliputi kata ulang tidak ditulis lengkap dan di antara kedua unsurnya tidak diberi tanda garis hubung (-) dan salah menentukan bentuk dasar yang diulang. Kesalahan gabungan kata atau kata majemuk meliputi penggabungan kata majemuk yang ditulis terpisah dan kata majemuk yang ditulis serangkai. Kesalahan berbahasa pada tataran leksikal yaitu pada pemilihan kata dasar, yang terdiri atas kesalahan pemilihan kata kerja (verba), pemilihan kata sifat (adjektiva), pemilihan kata benda (nomina), pemilihan kata bilangan (numeralia), dan pemilihan kata hubung (konjungsi). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan siswa dapat memperluas pengetahuan tentang kaidah bahasa Jawa dengan banyak membaca, sering berlatih menulis, dan aktif bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan. Selain itu, guru hendaknya memperhatikan, mengidentifikasi, dan memperbaiki kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa dalam menulis sinopsis cerkak, agar nantinya dapat menerapkan materi dan metode yang tepat dalam pembelajaran bahasa Jawa khususnya pada materi menulis sinopsis cerkak. Untuk peneliti bidang bahasa, diharapkan dapat menganalisis kesalahan berbahasa pada tataran yang berbeda, dapat menyebutkan faktor-faktor penyebab kesalahan, dan dapat memberi solusi yang tepat untuk mengatasi kesalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesalahan berbahasa; tataran morfologi dan leksikal; sinopsis cerkak.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 22 Jan 2018 12:09
Last Modified: 22 Jan 2018 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29340

Actions (login required)

View Item View Item