PENGARUH KEMAMPUAN CHOUKAI SHOCHUKYUU MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG TERHADAP NILAI CHOUKAI PADA TES NOURYOKUSHIKEN N4


Adi Prabowo Nugraha, 2302411047 (2016) PENGARUH KEMAMPUAN CHOUKAI SHOCHUKYUU MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG TERHADAP NILAI CHOUKAI PADA TES NOURYOKUSHIKEN N4. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302411047.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (543kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menyimak merupakan kemampuan yang penting dalam mempelajari bahasa asing. Mata kuliah Choukai merupakan mata kuliah yang diberikan untuk meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Jepang. Salah satu upaya untuk membekali mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang dalam mengerjakan tes Choukai Nouryoku Shiken N4 yaitu pengajar melatihkan jenis soal Choukai Nouryoku Shiken yang ada di dalam buku ajar Nouryoku Shiken N4 no renshuu kepada mahasiswa pada saat mata kuliah Choukai Shochukyuu. Namun upaya yang dilakukan oleh pengajar belum terlaksana secara maksimal dikarenakan berdasarkan observasi terdapat mahasiswa yang memiliki nilai Choukai Shochyukyuu yang baik tetapi memiliki nilai Choukai Nouryoku Shiken yang kurang baik ditambah lagi, dengan nilai rata-rata Choukai Nouryoku Shiken N4 yang terendah dibandingkan dengan Bunpo,Moji Goi dan dokkai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan Choukai Shouchukyuu mahasiswa terhadap nilai Choukai pada tes Nouryoku Shiken N4 dan untuk mendeskripsikan faktor penyebab ada atau tidaknya pengaruh kemampuan Choukai Shochukyuu mahasiswa terhadap nilai Choukai pada tes Nouryoku Shiken N4. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 Prodi Pendidikan bahasa Jepang UNNES yang mengikuti Nouryoku Shiken N4 pada tahun 2014 dan 2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan product moment, regresi linier, koefisien determinasi dan deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat hubungan kemampuan Choukai Shochukyuu mahasiswa dengan nilai Choukai Nouryoku Shiken N4 angkatan 2013 sebesar 0,781, angkatan 2014 sebesar 0,77 dan gabungan dari angkatan 2013 dan 2014 sebesar 0,752, sedangkan pengaruh kemampuan Choukai Shochukyuu mahasiswa terhadap nilai Choukai pada tes Nouryoku Shiken N4 angkatan 2013 sebesar 61% angkatan 2014 sebesar 60% dan gabungan dari angkatan 2013 dan 2014 sebesar 56%. Berdasarkan hasil penelitian angket faktor penyebab berpengaruhnya kemampuan Choukai Shochukyuu terhadap nilai choukai pada tes Nouryoku Shiken N4 yang sangat baik sebesar 98,76% adalah faktor motivasi.Sedangkan kendala dalam berpengaruhnya kemampuan Choukai Shochukyuu terhadap hasil Choukai pada tes Nouryoku Shiken N4 yaitu kendala tidak adanya kesempatan mengulang tuturan native speaker, kendala dalam menginterpretasikan tuturan, kendala keterbatasan kosakata dan kendala dalam mengenali kalimat yang disingkat dari pengucapan native speaker.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kemampuan, Choukai Shochukyuu, Nouryokushiken
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 17:26
Last Modified: 19 Jan 2018 17:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29337

Actions (login required)

View Item View Item