PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA


Dedi Sudianto , 1401412525 (2016) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412525.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (331kB) | Preview

Abstract

Profesionalisme harus selalu ditingkatkan oleh setiap guru. Seorang guru yang profesional dapat meningkatkan minat belajar siswa, selain itu juga dapat memaksimalkan hasil belajar siswa. Setiap profesionalisme dari masing-masing guru pasti memiliki perbedaan, seperti halnya profesionalisme guru kelas V SD Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh profesionalisme guru terhadap minat belajar, (2) seberapa besar pengaruh profesionalisme guru terhadap minat belajar, (3) pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar, (4) seberapa besar pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas V gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga berjumlah 203 siswa. Sampel penelitian sebanyak 69 siswa. Variabel penelitian meliputi profesionalisme guru sebagai variabel bebas, minat belajar dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan data berdistribusi normal dan menunjukan garis yang linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat profesionalisme guru sebesar 77,78% dan termasuk dalam kategori kuat, (2) tingkat minat belajar sebesar 79,14% dan termasuk dalam kategori kuat, (3) tingkat hasil belajar sebesar 72,99% dan termasuk dalam kategori kuat, (4) Nilai sig. profesionalisme guru terhadap minat belajar sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap minat belajar. Nilai sig. profesionalisme guru terhadap hasil belajar sebesar 0,031. Oleh karena 0,031 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar, (5) koefisien determinasi (R2) 0,215 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel bebas sebesar 21,5%. Hal ini menunjukkan bahwa 21,5% minat belajar dipengaruhi oleh profesionalisme guru, sedangkan 78,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. koefisien determinasi (R2) 0,031 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel bebas sebesar 3,1%. Hal ini menunjukkan bahwa 3,1% minat belajar dipengaruhi oleh profesionalisme guru, sedangkan 96,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Guru hendaknya selalu meningkatkan profesionalismenya supaya minat dan hasil belajar siswa optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Minat Belajar, Profesionalisme Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:46
Last Modified: 15 May 2019 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29336

Actions (login required)

View Item View Item