PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN DABIN II KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG


Rifa Nurbaeti Marjanah , 1401412522 (2016) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN DABIN II KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412522.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (259kB) | Preview

Abstract

Pendidikan awal yang diterima anak sebelum pendidikan di sekolah berasal dari lingkungan keluarga. Faktor lingkungan keluarga tersebut meliputi segi keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua. Keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua merupakan faktor dari lingkungan keluarga yang berperan penting dalam mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di Dabin II Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang yang berjumlah 189 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 123 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Proporsional Random Sampling. Variabel yang diteliti yaitu keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua menggunakan angket, sedangkan prestasi belajar menggunakan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi linier sederhana, uji regresi berganda, analisis korelasi ganda (R), analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Dabin II Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Dabin II Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Dabin II Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang; (4) besarnya sumbangan pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar adalah 23,7%; (5) besarnya sumbangan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar adalah 33,3%; dan (6) besarnya sumbangan pengaruh keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar adalah 45,2%. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka orang tua perlu menjaga keluarga agar tetap harmonis dan menerapkan pola asuh yang tepat untuk anak agar prestasi belajar anak di sekolah dapat tercapai dengan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan keluarga, pola asuh orang tua, prestasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:46
Last Modified: 15 May 2019 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29335

Actions (login required)

View Item View Item