KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PLELEN 02 GRINGSING BATANG


Arini Kholida Arridho , 1401412521 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PLELEN 02 GRINGSING BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412521.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (359kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya pembelajaran yang efektif dan mengaktifkan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Role Playing berbantuan media video terhadap minat dan hasil belajar IPS siswa kelas V materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara Sekolah Dasar Negeri Plelen 02 Gringsing Batang. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Plelen 02 dan siswa kelas V SDN Sawangan 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas dan analisis akhir yang meliputi uji hipotesis (independent sample t test) dan uji keefektifan (polled varian). Hasil penelitian menunjukkan perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan uji Independent Sample T Test, nilai thitung (3,941) > ttabel (2,014) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan rumus polled varian thitung (14,27) > ttabel (2,014). Sedangkan hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar siswa nilai thitung (2,515) > ttabel (2,014) dengan signifikansi 0,016 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan rumus polled varian t hitung (2,977) > ttabel (2,014). Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Role Playing berbantuan media video lebih baik dan efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS siswa kelas V materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Role Playing berbantuan media video dalam proses pembelajaran di kelasnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Role Playing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:46
Last Modified: 15 May 2019 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29334

Actions (login required)

View Item View Item