ANALISIS KESULITAN-KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS IV SD NEGERI SEGUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN TEGAL SELATAN


Nariyah , 1401412520 (2016) ANALISIS KESULITAN-KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS IV SD NEGERI SEGUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN TEGAL SELATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412520.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (397kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan matematika biasanya dituangkan dalam soal cerita. Soal cerita matematika memberikan gambaran yang nyata permasalahan kehidupan yang sebenarnya. Namun, siswa sering kali kesulitan dalam memecahkan masalah soal cerita, siswa kesulitan dalam memahami maksud soal karena setiap soal yang berbeda mempunyai penyelesaian yang berbeda sehingga siswa sulit dalam membuat model matematikanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal uraian bentuk cerita, kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal uraian bentuk cerita, dan penyebab siswa mengalami kesulitan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dalam penelitian ini terpilih subjek penelitian sebanyak 107 siswa yang dipilih secara purpose sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 107 dari 126 siswa atau 84,92% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Berdasarkan analisis data, diperoleh 7 jenis kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal uraian matematika bentuk cerita, yaitu: kesulitan dalam membaca, kesulitan dalam memahami langkah menyelesaikan soal cerita, kesulitan dalam menyusun kalimat pertanyaan, kesulitan dalam membuat model penyelesaian, kesulitan dalam berhitung, kesulitan mengubah model matematika, dan kesulitan dalam menyusun kalimat kesimpulan. Penyebab kesulitan tersebut adalah: lingkungan siswa yang tidak terbiasa dengan bahasa Indonesia, siswa tidak terbiasa mengerjakan soal cerita yang disertai langkah-langkahnya, kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis soal cerita, kurangnya kemampuan siswa dalam memahami atau membaca soal, kurangnya kemampuan siswa dalam memahami langkah menyelesaikan soal uraian matematika bentuk cerita, kurangnya kemampuan siswa menyusun kalimat pertanyaan dengan benar, kurangnya kemampuan siswa dalam menyatakan soal dalam model matematika, kurangnya kemampuan siswa dalam melaksanakan model matematika, kurangnya pengetahuan prasyarat materi bilangan bulat, dan kurangnya kemampuan siswa dalam mengubah hasil perhitungan dalam kalimat cerita. Oleh karena itu, disarankan bagi guru sebaiknya rutin memberikan soal cerita kepada siswa untuk dikerjakan agar siswa terbiasa menyelesaikan masalah serta guru sebaiknya memahami kesulitan yang dihadapi siswa dan memperhatikan kemampuan dan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan, Soal Uraian, Materi Bilangan Bulat.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:46
Last Modified: 15 May 2019 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29333

Actions (login required)

View Item View Item