PENGARUH MOTIVASI DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN DAERAH BINAAN II KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG


Wahyu Dinar Febriyani, 1401412519 (2016) PENGARUH MOTIVASI DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN DAERAH BINAAN II KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412519.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (324kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Hasil dari kegiatan belajar berupa penilaian, baik nilai angka maupun nilai huruf yang diperoleh siswa dalam kurun waktu tertentu. Ada beberapa faktor yang memengaruhi prestasi belajar, antara lain adalah motivasi dan bimbingan belajar. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa; (2) pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa; dan (3) pengaruh motivasi dan bimbingan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Dabin II Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 277 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 155 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji prasyarat analisis (asumsi dasar dan asumsi klasik regresi). Uji asumsi dasar meliputi: uji normalitas dengan 1-Sample K-S dan linieritas. Uji asumsi klasik regresi meliputi multikolinearitas, heteroskedastisitasm dan autokorelasi. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi motivasi dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 59,5%; (2) terdapat pengaruh signifikan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 44,3%; dan (3) terdapat pengaruh signifikan motivasi dan bimbingan belajar secara bersama terhadap prestasi belajar diperoleh nilai R2 sebesar 0,666, artinya persentase sumbangan pengaruh variabel motivasi dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 66,6% sedangkan sisanya sebesar 33,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Hasil penelitian ini hendaknya dapat menjadi informasi dan masukan kepada sekolah dan guru agar dapat memperhatikan motivasi belajar yang baik pada siswa dan menerapkan bimbingan belajar yang baik untuk meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan belajar, motivasi, prestasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:45
Last Modified: 15 May 2019 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29332

Actions (login required)

View Item View Item