PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK SANDI ASMA BERBANTUAN MEDIA PAPAN TEMBANG PADA PEMBELAJARAN MENULIS SYAIR TEMBANG BAGI SISWA KELAS IX SMP DI KOTA SEMARANG
Annisa Ayu Dewanggi , 2601412002 (2016) PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK SANDI ASMA BERBANTUAN MEDIA PAPAN TEMBANG PADA PEMBELAJARAN MENULIS SYAIR TEMBANG BAGI SISWA KELAS IX SMP DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (343kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan kepada siswa SMP adalah menulis syair tembang macapat. Kenyataan yang didapatkan, guru merasa kesulitan mengajar pada hal yang berkaitan dengan karya sastra khususnya tembang. Tujuan pembelajaran menulis tembang macapat adalah siswa mampu menulis tembang sesuai dengan guru gatra, guru lagu, dan guru wilangannya, siswa dapat menentukan tema, dan merangkai kata-kata yang akan digunakan menulis sebuah tembang. Tujuan tersebut perlu didukung oleh perangkat pembelajaran seperti penggunaan model dan teknik yang sesuai dengan keterampilan menulis syair tembang macapat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan pengembangan model pembelajaran kooperatif dengan teknik sandi asma pada pembelajaran menulis syair tembang bagi siswa kelas IX SMP. Tujuan dari penelitian ini yang pertama mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa, kedua menyusun prototipe, ketiga mengetahui hasil validasi ahli, keempat mengetahui hasil uji coba terbatas terhadap model pembelajaran kooperatif dengan teknik sandi asma bagi siswa kelas IX SMP di Kota Semarang. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Sumber data dalam penelitian ini adalah 3 guru yang mengampu mata pelajaran bahasa Jawa, 91 siswa SMP kelas IX, dan dua ahli. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, pedoman wawancara, angket kebutuhan, angket ahli, dan angket tanggapan. Analisis data menggunakan perhitungan kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan model pembelajaran kooperatif dengan teknik sandi asma pada pembelajaran menulis syair tembang macapat, maka disusunlah prototipe yang berisi panduan model pembelajaran tersebut. Hasil penilaian ahli terhadap prototipe menunjukkan rata-rata 80% dinyatakan layak dengan perbaikan. Setelah mendapatkan penilaian dari hasil validasi, selanjutnya adalah uji coba terhadap pengembangan model pembelajaran kooperatif dengan teknik sandi asma. Hasil uji coba yang dilakukan pada siswa kelas IX SMPN 2 Semarang menunjukkan presentase 100% hasil belajar siswa telah mencapai KKM yang ditentukan. Saranyang dapat disampaikan dari penelitian ini adalah diperlukan penelitian lanjutan untuk menguji keefektifan pembelajaran kooperatif dengan teknik sandi asma.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif, sandi asma, tembang macapat |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 14:18 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 14:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29331 |
Actions (login required)
View Item |