PENGGUNAAN BAHASA PROKEM PADA KOMUNITAS REMAJA DI TEGALSARI, KOTA TEGAL


Donny Pratama Murti , 2601411018 (2016) PENGGUNAAN BAHASA PROKEM PADA KOMUNITAS REMAJA DI TEGALSARI, KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601411018.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (650kB) | Preview

Abstract

Sebuah komunitas di Tegalsari, Kota Tegal, berkomunikasi menggunakan bahasa yang tidak semua orang dapat mengerti. Bahasa tersebut merupakan bahasa sandi yang bertujuan untuk merahasiakan komunikasi yang dilakukan kelompoknya. Bahasa tersebut menggunakan aturan dan pola pembentukan unik. Secara linguistik, bahasa yang digunakan tersebuat merupakan kajian ilmu sosiolinguistik yaitu bahasa prokem. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penggunaan bahasa prokem pada remaja di Tegalsari, Kota Tegal? (2) bagaimana proses pembentukan bahasa prokem pada remaja di Desa Tegalsari, Kota Tegal? Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penggunaan bahasa prokem pada remaja di Desa Tegalsari, Kota Tegal, (2) mendeskripsikan proses pembentukan bahasa prokem pada remaja di Desa Tegalsari, Kota Tegal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiolinguistik, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa tuturan yang digunakan oleh komunitas remaja Tegalsari, Kota Tegal saat berkomunikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, rekam, simak libat cakap, dan catat, sedangkan analisis data menggunakan metode padan. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahasa prokem yang digunakan oleh komunitas remaja Tegalsari dapat diklasifikasikan menjadi bentuk pronomina, nomina, verba, adjektiva, konjungsi, seruan, dan vulgar. Bahasa prokem tersebut juga menggunakan rumus pembentukan yang telah disepakati. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan bagi pengguna bahasa prokem, untuk berkomunikasi, selain menggunakan bahasa prokem, hendaknya tetap dapat menjaga kelestarian bahasa induk, dalam hal ini bahasa Jawa Banyumasan. Hal ini dimaksudkan agar bahasa induk tetap lestari dan tidak tergeser oleh bahasabahasa lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: komunitas remaja, prokem, Tegalsari
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:17
Last Modified: 19 Jan 2018 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29330

Actions (login required)

View Item View Item