PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA RAKYAT DENGAN AUDIO PANSER UNTUK SISWA SMP DI KABUPATEN BREBES


Rizqi Himmi Uliya Fiddin , 2601411005 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA RAKYAT DENGAN AUDIO PANSER UNTUK SISWA SMP DI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601411005.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (223kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mendengarkan cerita rakyat tingkat SMP di Kabupaten Brebes mengalami beberapa masalah yang menjadikan pembelajaran kurang efektif. Masalah yang ditemukan dalam pembelajaran di antaranya guru masih menggunakan cara tradisional dengan cara membaca buku cerita rakyat, kurangnya minat siswa karena tidak ada media yang menarik, bahasa yang digunakan tidak konstektual, guru belum menerapkan teknologi seperti audio pada pembelajaran mendengarkan cerita rakyat Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap media audio panser, (2) bagaimana prototipe media audio panser, (3) bagaimana validasi prototipe media audio panser, (4) bagaimana hasil uji coba terbatas prototipe media audio panser. Tujuan penelitian ini adalah (1) memaparkan kebutuhan guru dan siswa terhadap prototipe media audio panser, (2) menyusun prototipe media audio panser, (3) mendeskripsikan hasil validasi prototipe media audio panser, (4) mendeskripsikan hasil uji coba terbatas prototipe media audio panser. Desain penelitian ini berupa Research and Development (R&D) yang dilakukan secara terbatas. Tahapan penelitian yang dilakukan antara lain (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain (6) uji coba terbatas. Sumber data penelitian ini adalah guru, siswa, dan ahli materi dan media. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil analisis kebutuhan media pembelajaran mendengarkan cerita rakyat menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan media audio panser karena media tersebut belum ada. Hasil prototipe media audio panser berbentuk flash player. Audio panser tersebut berisi tentang audio cerita rakyat Jaga Poleng, panser Jaga Poleng dan soal tentang cerita Jaga Poleng. Setelah hasil prototipe sudah jadi maka diuji validasi oleh dosen ahli materi dan media. Saran perbaikan dari ahli materi terdapat pada tata tulis dan perubahan kalimat pada sebagian isi dari cerita Jaga Poleng sedangkan saran perbaikan dari ahli media yaitu dari background awal diganti gambar panser, tampilan audio cerita rakyat ditambah tombol start dan pause, isi dari audio cerita rakyat jangan terlalu panjang maupun pendek. Setelah uji x validasi selesai maka lanjut pada uji terbatas media audio panser, hasil yang diperoleh yaitu pembelajaran mendengarkan cerita rakyat sebelum menggunakan media audio panser banyak siswa yang belum tuntas atau tidak mencapai KKM yaitu 70. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 60.8 itu artinya sebelum menggunakan media audio panser pembelajaran mendengarkan cerita rakyat kurang efektf. Hasil uji terbatas menggunakan media audio panser, banyak siswa yang sudah memenuhi nilai KKM 70, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 80,97 itu artinya pembelajaran mendengarkan cerita rakyat menggunakan media audio panser efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa siswa dan guru membutuhakan media audio panser karena belum ada media yang menarik dan efektif dalam pembelajaran mendengarkan cerita rakyat. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini yaitu perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai media audio bervariasi yang dapat memudahkan guru dalam mengajarkan pembelajaran mendengarkan cerita rakyat agar tidak monoton dan menjadi menarik dan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Audio, Audio Panser, Mendengarkan Cerita rakyat.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:08
Last Modified: 19 Jan 2018 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29328

Actions (login required)

View Item View Item