PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN APRESIASI GEGURITAN UNTUK TINGKAT SMP


Rima Maysuk Samaru , 2601410063 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN APRESIASI GEGURITAN UNTUK TINGKAT SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601410063.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (278kB) | Preview

Abstract

Mengapresiasi geguritan masih menjadi hal yang sulit bagi siswa. Kemampuan untuk mengapresiasi geguritan serta sikap peduli dan saling menghargai siswa juga masih kurang. Dalam pembelajaran mengapresiasi geguritan, seringkali guru hanya memberikan teori-teori bukan praktik. Keterbatasan media baca sebagai sarana penunjang merupakan kendala yang paling banyak ditemukan. Karena itu perlu dikembangkan sebuah buku panduan apresiasi geguritan berbahasa Jawa. Berdasarkan uraian tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prototipe buku panduan apresiasi geguritan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru SMP? Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan buku panduan apresiasi geguritan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru SMP. Research and development (R&D) digunakan dalam penelitian ini, yaitu mengembangkan produk berupa buku panduan apresiasi geguritan untuk tingkat SMP. Tahap pengembangan ini meliputi (1) mengumpulkan informasi masalah, (2) analisis kebutuhan guru dan siswa, (3) desain awal produk, (4) uji ahli produk, serta (5) revisi produk. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu mengarah pada proses menyeleksi, memfokuskan, menyederhanakan, dan mentransformasikan data mentah yang ada di lapangan. Analisis data yang digunakan adalah presentase kecenderungan kebutuhan terhadap prototipe buku panduan apresiasi geguritan. Hasil penelitian ini berupa prototipe buku panduan apresiasi geguritan untuk siswa SMP. Buku panduan ini terdiri atas tiga bagian yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penyudah. Bagian pendahuluan terdiri atas halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi. Bagian isi buku berisi enam subjudul yang membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan apresiasi geguritan, langkah-langkah mengapresiasi geguritan, dan latihan mengapresiasi geguritan. Bagian penyudah berisi arti kata, daftar pustaka, dan biografi penulis. Saran yang dapat diberikan adalah siswa dan guru dapat memanfaatkan buku panduan ini sebagai buku penunjang dalam pembelajaran mengapresiasi geguritan. Buku panduan ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam memahami apresiasi geguritan dan langkah-langkah mengapresiasi geguritan, serta menjadikan siswa lebih antusias dalam berlatih mengapresiasi geguritan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan, buku panduan, apresiasi geguritan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Jan 2018 12:59
Last Modified: 19 Jan 2018 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29326

Actions (login required)

View Item View Item