PENGEMBANGAN ALAT UKUR KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) BAHASA JAWA UNTUK SISWA SMP


Lisa Megawati , 2601409111 (2016) PENGEMBANGAN ALAT UKUR KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) BAHASA JAWA UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601409111.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (563kB) | Preview

Abstract

Membaca mempunyai peranan penting dan menjadi dasar utama tidak hanya bagi pembelajaran itu sendiri, tetapi juga bagi pembelajaran mata pelajaran lainnya. Bahkan membaca merupakan faktor penentu keberhasilan seseorang. Keterampilan membaca cepat sekaligus membaca pemahaman yang biasa disebut sebagai kecepatan efektif membaca (KEM) cukup penting dalam dunia pendidikan. Penelitian ini berawal dari tidak adanya media pembelajaran membaca cepat Bahasa Jawa di sekolah. Oleh karena itu, perlu kiranya dikembangkan model pengukuran KEM bahasa Jawa dalam bentuk perangkat lunak (software) komputer yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Masalah dalam penelitian ini adalah apa kebutuhan siswa dan guru terhadap perangkat pengukuran KEM. Bagaimana model pengukuran KEM yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Bagaimana validasi ahli terhadap perangkat pengukuran KEM. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap perangkat pengukuran KEM. Menyusun prototipe pengukuran KEM yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Mendeskripsikan hasil validasi prototipe Alat Ukur KEM bahasa Jawa untuk siswa SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan informasi terhadap ketersediaan Alat Ukur KEM Bahasa Jawa untuk siswa SMP, menganalisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui media seperti apa yang dibutuhkan oleh siswa dan guru, penyusunan prototipe media alat Ukur KEM bahasa Jawa untuk siswa SMP, validasi materi dan desain alat Ukur KEM bahasa Jawa untuk siswa SMP, revisi prototipe alat Ukur KEM bahasa Jawa untuk siswa SMP, dan uji coba prototipe Alat Ukur KEM bahasa Jawa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket (angket kebutuhan dan angket validasi). Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan alat ukur KEM bahasa Jawa untuk siswa SMP sesuai dengan kebutuhan guru SMP. Media tersebut berupa alat ukur Kecepatan Efektif Membaca (KEM) bahasa Jawa. Setelah media dibuat, selanjutnya diujikan kepada ahli. Setelah dilakukan uji ahli, maka dilakukan revisi terhadap prototipe. Perbaikan tersebut diantaranya yaitu: (1) perbaikan aspek isi, (2) aspek penyajian, (3) aspek kebahasaan. Prototipe yang telah direvisi kemudian disimpan ke dalam keping VCD. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu perlu diadakan pengembangan terhadap program aplikasi Wasis Maca untuk melengkapi kekurangan pada program aplikasi tersebut, terutama pada sistem database yang belum tersedia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pengembangan, alat ukur KEM, membaca
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Jan 2018 12:55
Last Modified: 19 Jan 2018 12:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29325

Actions (login required)

View Item View Item