PEMBELAJARAN NOVEL JAWA DI SMK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA


DEWI RIYANI , 2601409027 (2016) PEMBELAJARAN NOVEL JAWA DI SMK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601409027.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (289kB) | Preview

Abstract

Menciptakan pendidikan yang berkualitas mendorong pemerintah untuk melakukan perbaikan di bidang pendidikan, salah satunya dengan diterapkannya kurikulum 2013. Kurikulum 2013 dirancang untuk meningkatkan kemampuan bagi siswa. Penerapan kurikulum yang baru menuntut guru untuk menciptakan inovasi baru dalam pembelajaran. Perkembangan IPTEK juga menuntut siswa lebih sering menggunankan gadget daripada membaca buku. Faktor ini menyebabkan ketertarikan siswa dalam membaca buku bacaan bahasa Jawa menjadi rendah. Teknik sosiodrama yang diimplementasikan dalam pembelajaran novel Jawa merupakan inovasi untuk mengatasi berkurangnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran novel Jawa. Teknik sosiodrama merupakan salah satu bagian dari metode simulasi yang pelaksanaanya dengan mementaskan drama yang berkaitan dengan kehidupan sosial bermasyarakat. Teknik ini sesuai dengan karakter siswa SMK yang lebih menekankan praktik daripada teori yang menjadikan siswa berperilaku aktif. Teknik ini menuntut siswa berkegiatan secara berkelompok sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana deskripsi teknik sosiodrama dalam pembelajaran novel Jawa di SMK? (2) Bagaimana perubahan perilaku siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang setelah menggunakan teknik sosiodrama dalam pembelajaran sastra petikan novel Jawa? Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif didasarkan pada eksperimen yang didukung dengan implementasi teknik sosiodrama dan pengamatan langsung dalam pembelajaran.. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI T.GB 2 di SMK Negeri 4 Semarang. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang teknik sosiodrama dan perubahan perilaku siswa setelah dilakukan pembelajaran novel Jawa menggunakan teknik sosiodrama. teknik pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ada analisis sebelum di lapangan, analisis selama di lapangan, reduksi data dan verifikasi penarikan kesimpulan. Teknik pemaparan menggunkan teknik formal dan informal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: novel jawa, teknik sosiodrama
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Jan 2018 12:47
Last Modified: 19 Jan 2018 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29323

Actions (login required)

View Item View Item