PENGARUH COMPUTER ANXIETY TERHADAP KEAHLIAN PENGGUNAAN KOMPUTER GURU SD GUGUS KENANGA DAN MELATI KECAMATAN PURING DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Eka Elviana , 1401412518 (2016) PENGARUH COMPUTER ANXIETY TERHADAP KEAHLIAN PENGGUNAAN KOMPUTER GURU SD GUGUS KENANGA DAN MELATI KECAMATAN PURING DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412518.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (312kB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang disertai perkembangan berbagai macam perangkat berbasis komputer, guru dituntut untuk memiliki keahlian dalam menggunakan perangkat berbasis komputer. Akan tetapi, keadaan tersebut sering menimbulkan tekanan (stress) dalam diri seorang guru berupa computer anxiety (kecemasan berkomputer). Computer anxiety yang dialami guru bisa diperkuat atau diperlemah oleh gender (jenis kelamin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh computer anxiety terhadap keahlian penggunaan komputer, seberapa besar pengaruh computer anxiety terhadap keahlian penggunaan komputer, dan peran gender dalam memoderasi pengaruh computer anxiety terhadap keahlian penggunaan komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan angket sebagai alat pengumpul data. Populasi penelitian ini yaitu guru SD Gugus Kenanga dan Melati Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen yang berjumlah 110 guru. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik nonprobability sampling bertipe sampling jenuh, sehingga jumlah sampel sebanyak 110 guru. Variabel penelitian meliputi computer anxiety sebagai variabel bebas, keahlian penggunaan komputer sebagai variabel terikat, dan gender sebagai variabel moderasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, koefisien determinan, dan Independent Samples T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Computer anxiety termasuk kategori ‘cukup’ (54,2%), sedangkan keahlian penggunaan komputer termasuk kategori ‘kuat’ (75,2%); (2) Ada hubungan negatif signifikan antara computer anxiety dengan keahlian penggunaan komputer yang ditunjukkan dengan nilai t hitung < - ttabel (-2,089 < -1,982) dan signifikansi 0,040 < 0,05; (3) Ada pengaruh negatif signifikan computer anxiety terhadap keahlian penggunaan komputer dengan persamaan regresi Ŷ = 26,030 - 0,133X yang ditunjukkan dengan hasil t hitung < -ttabel (-2,083 < -1,982) dan signifikansi 0,040 < 0,05; (4) Pengaruh computer anxiety terhadap keahlian penggunaan komputer sebesar 0,039 atau 3,9%, sedangkan sisanya sebesar 96,1 % dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain; (5) Gender tidak memoderasi pengaruh computer anxiety terhadap keahlian penggunaan komputer yang ditunjukkan dengan nilai -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel (-1,982 ≤ -1,233 ≤ 1,982) dan signifikansi 0,220 > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, hendaknya guru meningkatkan keahlian berkomputernya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Computer anxiety, gender, keahlian penggunaan komputer
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2018 19:03
Last Modified: 18 Jan 2018 19:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29315

Actions (login required)

View Item View Item