KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BOBOTSARI PURBALINGGA


Kartika Fitria Dewi , 1401412516 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BOBOTSARI PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412516.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (310kB) | Preview

Abstract

IPS mendidik manusia agar menjadi pribadi yang lebih baik dengan memiliki jiwa sosial yang tinggi dan berpikir kritis terhadap setiap permasalahan yang dihadapi. Oleh sebab itu, pendidikan IPS penting diterapkan di sekolah, terutama di sekolah dasar dan menengah. Pada kenyataannya, siswa kurang tertarik belajar IPS karena materi yang luas, mereka mengganggap IPS hanyalah pelajaran yang berisi hafalan. Akibatnya, siswa menjadi pasif dan hasil belajar tidak optimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran IPS, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation berbantu media gambar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran Group Investigation berbantu media gambar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A dan IV B SD Negeri 2 Bobotsari. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 51 orang siswa yang terdiri dari 24 orang siswa dari kelas eksperimen dan 27 orang siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas dan analisis akhir. Berdasarakan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test data aktivitas belajar siswa, menunjukkan bahwa thitung > ttabel (19,610 > 2,010) dan nilai signifikansinya < 0,05 ( 0,00 < 0,05). Sementara itu data hasil belajar menunjukan thitung > ttabel (2,091 > 2,010) dan nilai signifikansinya < 0,05 (0,042 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar belajar siswa kelas IV pada materi perkembangan teknologi antara pembelajaran yang menggunakan model GI berbantu media gambar dan pembelajaran yang menggunakan model konvensional berbantu media gambar. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji pihak kanan terhadap aktivitas belajar siswa menunjukan bahwa thitung > ttabel (25,036 > 2,069). Sementara itu data hasil belajar menunjukan thitung > ttabel (3,451 > 2,069). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS yang menerapkan model pembelajaran GI berbantu media gambar lebih baik daripada yang menerapkan model konvensional berbantu media gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, media gambar, model group investigation
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:33
Last Modified: 19 Jan 2018 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29313

Actions (login required)

View Item View Item