KEEFEKTIFAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SDN MANYARAN 01 KOTA SEMARANG


Ema Rahayu , 1401412515 (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SDN MANYARAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412515.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (518kB) | Preview

Abstract

berbasis teori belajar Bruner. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar. Matematika mempelajari konsep yang abstrak. Oleh karena itu, agar pembelajaran matematika dapat bermakna, maka siswa membutuhkan contohcontoh nyata yang bervariasi. Pada faktanya pada pembelajaran matematika guru lebih sering memberikan materi pelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional yakni dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih berorientasi pada guru (teacher centered approaches). Padahal untuk menyampaikan materi matematika yang bersifat abstrak, siswa SD yang berada pada tahap operasional konkret akan mengalami kesulitan. Pendekatan matematika realistik merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang cocok diterapkan pada siswa SD karena pendekatan ini menjembatani siswa untuk menguraikan konsep-konsep abstrak. Karakteristik pada pendekatan matematika realistik akan sangat cocok jika dikombinasikan dengan teori belajar Bruner. Penerapan pendekatan realistik berbasis teori belajar Bruner dalam pembelajaran matematika akan menciptakan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan matematika realistik berbasis teori belajar Bruner terhadap aktivitas dan hasil belajar pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas III SDN Manyaran 01 Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 56 siswa. Sampel penelitian yaitu 29 siswa kelas III C sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan menggunakan independent samples t test, data aktivitas belajar menunjukkan thitung > ttabel (6,085 > 2,005) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (3,244 > 2,005) dengan signifikansi 0,002 < 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test, data aktivitas belajar menunjukkan thitung > ttabel (4,731 > 2,048) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,415 > 2,048) dengan signifikansi 0,023 < 0,05. Jadi, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar materi bangun datar antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan matematika realistik berbasis teori belajar Bruner dan yang menerapkan pendekatan konvensional. Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik berbasis teori belajar Bruner efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, pendekatan matematika realistik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2018 18:54
Last Modified: 18 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29312

Actions (login required)

View Item View Item