PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL


Tri Marliana , 1401412514 (2016) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412514.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (294kB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah sehingga perlu adanya pembenahan. Pembenahan dilakukan pada aspek pendukung pendidikan yaitu guru. Guru merupakan komponen sumber daya pendidikan yang harus mendapatkan bimbingan dan dikembangkan terus-menerus. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas atau kinerja guru dengan melakukan supervisi akademik yaitu bimbingan yang diberikan kepala sekolah kepada guru yang berkaitan dengan pembelajaran. Selain itu kondisi lingkungan kerja juga dapat mempengaruhi kinerja guru. Baik atau tidaknya kondisi lingkungan kerja menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi guru dalam menjalankan tugasnya. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Supervisi Akademik dan Lingkungan kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru, (2) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru, dan (3) pengaruh supervisi akademik dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu supervisi akademik dan lingkungan kerja sebagai variabel bebas dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah guru Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal sebanyak 121 guru, sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 93 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk angket untuk variabel supervisi akademik, lingkungan kerja, dan kinerja guru. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif, uji prasyarat dan pengujian hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru sebesar 16,6% dan 83,4% dipengaruhi faktor lain, (2) terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 11,6% dan 88,4% dipengaruhi oleh faktor lain, (3) terdapat pengaruh supervisi akademik dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 17,4% dan 82,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru. Sehingga untuk meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan cara pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dan memperhatikan lingkungan kerja yang ada disekitar guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru, lingkungan kerja, dan supervisi akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2018 18:54
Last Modified: 18 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29311

Actions (login required)

View Item View Item